Enam Fungsi Pakaian Dalam Kehidupan


Definisi pakaian menurut Wikipedia; Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Pakaian juga meningkatkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang antara kulit dan lingkungan. Pakaian juga memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.

Pakaian merupakan salah satu nikmat sangat besar yang Allah berikan kepada para hambanya, Islam mengajarkan agar seorang muslim berpakain dengan pakaian Islami dengan tuntunan yang telah Allah dan Rasul-Nya ajarkan. Agama Islam menganjurkan berpakaian yang bersih dan suci, bukan pakaian mahal dan berlebihan. Adapun fungsi pakaian secara garis besar ada enam macam yaitu:

1. Penutup Aurat
Ketentuan fikih mengklasifikasi aurat itu menjadi dua macam. Pertama, aurat berat (Mughal lazhah) yaitu kemaluan depan dan belakang (kubul-dubur). Bagian ini harus menjadi prioritas utama untuk ditutup. Kedua, aurat biasa yaitu bagian tubuh antara pusar dan lutut. Bagi perempuan seluruh tubuhnya, kecuali wajah (muka) dan kedua telapak tangannya.

2. Sebagian Pelindung Tubuh
Tubuh manusia sangat sensitive terhadap cuaca. Pada cuaca panas dan dingin pakaian yang melekatpada tubuh manusia akan melindunginya. Bukan hanya faktor cuaca, manusia yang berpakaian pun akan terlindung dari gigitan seranggaa, seperti nyamuk dan lain sebagainya..

3. Perhiasaan
Pakaian yang sesuai dan serasi memberikan nilai estetika (keindahan) kepada yang memakainya dan merupakan perhiasan untuk badannya. Si pemakai akan merasa percaya diri dengan pakaian yang dikenakannya.

Artinya "Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat."(QS. Al-A’raf : 26).

4. Menghindari dari Gangguan Iblis–Setan
Pakaian yang baik dan sopan akan memberikan rasa aman, khususnya wanita yang berpakaian baik dan sopan, seperti pakain muslim/ berjilbab, akan terhindar dari gangguan pria berhati dan bermata iblis- setan

Artinya "Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman."  (QS Al-A'raf : 27).


5. Berpakaian Merupakan Ibadah Kepada Allah swt 
Firman Allah swt. Dalam surah Al A’raf ayat 31:

Artinya:  "Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap ( memasuki) masjid, makam dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, allah tidak menyukai orang yang berlebih- lebihan.” (QS Al–A’raf: 31)

6. Menjadi ciri khas Orang Islam 
Pada masa nabi Muhammad saw. Allah swt. Memerintahkan isteri isteri Nabi saw. Untuk berjilbab sehingga mudah di kenali. Firman Allah swt. Dalam surah AL- ahzab ayat 59:

Artinya “ wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak anak perempuan mu dan istri-istri orang mukmin, “ hedaklah menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk di kenali, sehingga mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha penyayang” (QS Al-Ahzab/ 33:59)

Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment