Tuesday, November 10, 2015

Manfaat Madu Sebagai Obat Disebutkan Didalam Al-Qur'an.



“Dari perut lebah keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia”.(Q.S An-Nahal:69).

Advertisement
Di dalam Alqur'an dijelaskan bahwa bahan yang dapat dijadikan obat penyembuh bagi manusia adalah bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya. Dan didalam Al Qur'an juga tidak dijelaskan bahwa madu adalah obat untuk spesifik penyakit tertentu, dan fakta di lapangan dari zaman dahulu hingga sekarang dengan madu lebah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit membuktikan(dengan izin Allah swt).

Di dalam Al-Quran diterangkan lebah diperintah oleh Allah SWT untuk membuat sarang dengan mengambil makanan (getah) dari berbagai jenis tumbuhan untuk dijadikan madu. Lebah memang makhluk istimewa, ia merupakan makhluk Allah SWT yang memberi manfaat dan kenikmatan bagi manusia.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia." (QS. An-Nahl : 68)

Inilah 12 manfaat dan keunggulan madu sebagai obat:

1. Kuman tidak ada sanggup bertahan dalam madu.
    karena madu memiliki anti bakteri dan anti              septik.

2. Madu sangat efektif untuk pencegahan                    terhadap infeksi
    Madu aktif mencegah infeksi karena madu              memiliki anti septik.

3. Madu dapat menyembuhkan luka bakar.
    sesuai dengan apa yang disampaikan James F.     Balch dan Phyllis A dalam karyanya Prescription for Nutritional Healing :
a. Madu dioleskan secara merata di anggota tubuh yang terbakar. disarankan dioleskan jangan pakai       tangan karena ditakutkan tangan tidak steril, dikarenakan mengandung bakteri.
b. Setelah dioleskan biarkan madu mengering selama 20 sampai 30 menit.
c. Setelah kering , bilas dengan air yang hangat menggunakan handuk/kain yang halus.
d. dilakukan secara teratur beberapa kali dalam sehari secara maksimal.

4. Sangat kaya antioksidasi.

5. Menyembuhkan penyakit gusi
   Madu bisa menyembuhkan gusi bengkak disebabkan memiliki sifat anti-bakteri dan anti-septik                    yang  hadir dalam madu sangat efektif dalam mengobati infeksi gusi. Caranya oleskan madu  ke daerah yang  bengkak setelah gosok gigi.

6. Membantu penyembuhan radang perut dan infeksi perut.

7. Pelembab kulit.
   Manfaat madu bisa jadi pelembab kulit dengan cara memblender 1 buah ketimun sampai hancur lalu  disaring, kemudian ambil air saringannya sebanyak 6 sendok lalu tambahkan dengan  madu 1 sendok makan, aduk rata lalu sapukan ke kulit, biarkan sampai kering, setelah kering bersihkan dengan air. Lakukan seminggu sekali.

8. Melindungi serangan radang usus besar.

9. Mencegah ketombe.
    Manfaat madu bisa mencegah ketombe dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi.              Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut anda setiap mandi.

10. Mengobati diabetes.

11. Menambah kecerdasan.

12. Mengobati borok dan berbagai penyakit kulit.
      Madu bisa mengobati borok karena madu memiliki anti septik.

No comments:

Post a Comment