Saturday, December 26, 2015

Inilah Alasannya, Kenapa kita Dianjurkan bersedekah ?


Kita dianjurkan bersedekah pada dasarnya merupakan ibadah. disamping itu sedekah memiliki keistimewaan yang tidak terhitung, baik keistimewaan yang diberikan Allah swt secara langsung maupun tidak langsung. Keistimewaannya bukan hanya dirasakan orang yang bersedekah, bahkan keluarganya maupun orang lain merasakan keistimewan sedekah itu secara tidak langsung. Kita kadang-kadang tidak menyadari ketika dibebaskan dari bencana, disembuhkan dari sakit, ditenangkan hidupnya seringkali tumbuh karena banyak mengeluarkan sedekah. dan sering juga tidak menyadari seperti banyak bencana, banyak masalah yang kita hadapi kadang-kadang disebabkan kurang bersedekah atau memperhatikan nasib orang lain yang lebih rendah ekonominya. Adapun alasannya kenapa kita dianjurkan bersedekah sebagai berikut,

1. Untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Sedekah salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. sebagaimana Rasulullah saw bersabda "

Artinya, "Orang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan syurga dan jauh dari neraka."(HR. Imam Tarmidzi)

2. Harta yang di sedekahkan akan diganti dengan yang lebih baik.
Harta yang disedekahkan akan di ganti oleh Allah swt. dengan yang lebih baik, sebagaiman Rasulullah saw. bersabda :

"Tiada hari yang mesti dilewati oleh seluruh manusia, kecuali pada pagi harinya ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat itu berkata, "Ya, Allah, berilah ganti orang yang berinfak (bersedekah)." Dan malaikat satunya lagi berkata, "Wahai Allah, lenyapkanlah harta orang yang tidak mau mengeluarkan sedekah." (HR. Imam Bukhari)

3. Menumbuhkan dan menguatkan kasih sayang antar sesama.
Sebagaimana Rasulullah saw bersabda :

"Orang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan syurga dan jauh dari neraka." (HR. Tirmidzi)

Kedermawanan merupakan kunci dekat kepada Allah swt dan dekat dengan manusia.

4. Pahalanya berlipat ganda.
Firman Allah swt. dalam Al-Qur'an, yang artinya :

"Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasulnya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan yang menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar." (QS. Al-Hadid : 7)

5. Agar terhindar dari siksa neraka.
sedekah bisa menjauhkan diri dari siksaan api neraka, sebagaimana Rasulullah saw bersabada :

"Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya (bersedekah) dengan setengah biji kurma." (HR. Bukhari)

6. Menghapuskan kesalahan atau dosa.
Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda :

"Dan sedekah itu bisa menghapus kesalahan, sebagaimana air bisa memadamkan api." (HR. Tirmidzi)

7. Menolak bala' dan sakit.
Sedekah bisa menolak bala' dan sakit sebagaimana Rasulullah saw bersabda,

"Obatilah orang sakit diantara kalian dengan sedekah. dan bentengilah hartamu dengan zakat dan persiapkanlah do'a' untuk menghadapi bala'

8. Untuk mendapatkan kebaikan yang sempurna.
Seorang mukmin mendapatkan kebaikan yang sempurna harus bisa menafkahkan sebagian hartanya yang terbaik atau yang ia cintai. sebagaimana firman Allah swt. dalam Al-Qur'an yang artinya,

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamumenafkahkan sebagian harta yang kamu cintai...."(QS Ali Imran : 92)

9. Mendapatkan keberkahan harta dan kelapangkan rezeki.
Keberkahan harta yang dimaksud adalah merasa bahagia, tenang dengan harta yang kita miliki, serta harta kita yang miliki bisa kita manfaatkan untuk jalan yang diridhai Allah swt. sedangkan kelapangan rezki adalah kita merasa mudah untuk mendapatkan yang kita inginkan dengan jalan yang diridhai Allah swt. walaupun ada rintangan dan halangan kita tetap berhasil untuk mendapatkannya.

10. Harta yang disedekahkan tidak pernah berkurang.
Kita harus meyakini bahwa harta yang disedekahkan tidak akan pernah berkurang. Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda :
"Harta tidak akan berkurang karena sedekah" (HR. Muslim)

11. Untuk Membersikan Harta.
Islam menganjurkan kepada umatnya agar mencari rezki itu dengan cara yang halal, supaya halal juga hasilnya. Namun terkadang tanpa kita sadar ada harta kita yang bercampur dengan yang haram. contoh seorang pedang tanpa di sengajabarang yang di jualnya berkurang takaran atau beratnya. untuk itu perlu dibersihkan hasilnya dengan cara bersedekah. Sebagaimana hadits Rasulullah Saw,yang artinya :

"wahai para pedagang, sesunggunyajual beli ini diikuti dengan sumpah dan dusta. Olehkarena itu campurlah ia dengan sedekah."(HR Nasa'i)

2 comments: