9 Khasiat Dan Keistimewaan Dibalik Bacaan Basmalah


Suatu ketika terjadi dialog antara syaitan yang gemuk dan syaitan yang kurus. Masing-masing menceritakan keadaannya.

Syaitan gemuk bertanya, “Mengapa badanmu menjadi kurus?” syaitan kurus segera menjawab, “Ia tidak memberiku kesempatan untuk menggodanya, ia selalu selamat dari godaanku. Setiap kali memulai sesuatu, ayat basmalah -lah yang menjadi pembuka pintu pekerjannya; pada saat masuk rumah, saat ia keluar rumah, saat memulai makan, saat hendak tidur, dan semua pekerjaannya dimulai dengan basmalah  sehingga kau melihat badanku seperti ini,” ujarnya. Syaitan kurus balik bertanya, “ aku lihat kau bertambah gemuk.” Syaitan gemuk segera menjawab, “Sebenarnya godaanku selalu berhasil, aku selalu berhasil membuatnya lalai dan lupa menyebut bamalah  disetiap pekerjaannya. Jika ia makan, minum, keluar rumah, masuk kedalam rumah, hendak tidur, dan semua pekerjaannya dilakukan tanpa membaca basmalah  maka ia menjadi kuda tungganganku, ia akan mengikuti bujukanku.” 

Dari cerita diatas kita memperoleh gambaran betapa mulianya ucapan sederhana basmalah jika diamalkan dalam setiap tindakan secara sungguh-sungguh untuk menggapai ridha ALLAH. Setiap memulai suatu pekerjaan, hendaklah dimulai dengan bacaan basmalah, maka ALLAH menghindarkan dari gangguan syaitan dan akan memperoleh faedah dari pekerjaannya. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda,

“Setiap amal perbuatan yang baik, namun tidak dimulai dengan membaca ‘Bismillaahirrahmaan irrahiim’, maka pekerjaan itu akan terputus dari rahmat ALLAH.” (Ibnu Hibban) 

Surat-surat didalam Al-Qur’an pun diawali dengan bacaan basmalah, maka apa yang akan kita baca, pelajari, dan amalkan senantiasa berada dibawah perlindungn dan naungan rahmat ALLAH.

Adapun khasiat dan keistimewaan dibalik bacaan basmalah sebagai berikut,

1. Basmalah menjadi penjemput rezeki.
Ucapan basmalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki dan mengantar kita menjadi hamba yang diberi kemuliaan, baik didunia maupun akhirat. Bacalah basmalah sebelum memulai pekerjaan, atau dipagi hari ketika matahari terbit, ditambah dengan bacaan shalawat ke atas Nabi. Insya ALLAH, akan diberi kelapangan rezeki.

2. Basmalah mempercepat tercapainya hajat.
Imam al-Ghazali mengatakan bahwa seseorang yang ingin mewujudkan sesuatu yang menjadi hajatnya, hendaklah membaca basmalah sebanyak  1000 kali. Setelah membaca lakukan shalat sunat dua rakaat serta memanjatkan doa dan sesuatu yang diinginkan. Lakukan sebanyak 12 kali. Atas izin ALLAH permintaan akan dikabulkan.

Jika ingin segera dikabulkan sesuatu yang diinginkannya, dapat diikhtiarkan dengan membaca doa Basmalah berikut. Ulangi sampai 118 kali, insya ALLAH akan terkabulkan.

“Dengan menyebut nama ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya ALLAH, sesungguhnya saya minta kepada-Mu dengan keutamaan ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ , dan dengan hak ‘bismillah hirrahman nirrahim’, dan dengan kedudukan  ‘ Bismillah hirrahman nirrahim’,maka tinggikan pangkatku, mudahkanlah urusanku dan lapngkanlah dadaku. Wahai Dzat yang dia itu adalah kaaf haa yaa ‘ ain shaad’ haa miim siin ‘ain qaaf, alif laam miim, alif laam raa, haa miim, yaitu ALLAH yang  tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Dia yang hidup abadi, yang mengurus segala urusan makhluk-Nya dengan rahasia Dzat yang mempunyai kewibawaan dan kekuasaan, dan dengan rahasia Dzat yang mempunyai keagungan diri dan kemuliaan jadikanlah saya termasuk dari hamba-hambaMu yang takwa dan golongan orang yang taat kepada-Mu lagi mencintai, dan perbuatlah untuk saya seperti itu wahai Dzat yang merajai semua alam. Dan semoga ALLAH SWT melimpahkan rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad saw. Dan keluarga serta para sahabat Beliau, dan semoga memberi keselamatan”

3. Basmalah mencerdaskan akal.
Basmalah berkhasiat untuk mempertajam kecerdasan akal, mempermudah  menghafal bacaan atau materi pelajaran yang diajarkan oleh guru atau dosen. Caranya adalah menyiapkan segelas air lalu dibacakan basmalah sebanyak 786 kali, yakni diminum pada waktu terbit matahari, sebelum berangkat belajar kesekolah/ kuliah. Lakukan selama tujuh hari berturut-turut, Insya ALLAH ALLAH akan menurunkan hidayahnya lewat kecerdasan akal kita.

4. Basmalah menghindari gangguan syaitan.
Bacaan basmalah berkhasiat untuk menghindarkan gangguan syaitan, terutama tempat tinggal kita. Supaya rumah kita aman dari gangguan jin dan syaitan, siapkan kertas lalu tulislah basmalah 35 kali, gantungkanlah pada salah satu ruang dirumah kita. Insya ALLAH rumah kita akan terasa nyaman, dipenuhi berkah dan terhindar dari gangguan jin dan syaitan.

5. Basmalah menjadi penghapus dosa.
Bacaan basmalah yang mudah dihafal ternyata memberi faedah untuk menghilangkan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Menulis ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ dengan tulisan yang indah untuk memuliakan ALLAH, Insya ALLAH ALLAH akan mengampuni dosa kita, dengan catatan kita bertaubat dan berjanji kepada ALLAH tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

6. Basmalah mendatangkan perasaan aman.
Bacaan Basmalah juga berkhasiat untuk menciptakan rasa aman. Membaca ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ setiap hendak tidur sebanyak 21 kali, Insya ALLAH tidur kita akan terasa nyaman, dijauhkan dari goda-godaan syaitan, seluruh harta benda yang kita miliki senantiasa dalam lindungan ALLAH, dan ALLAH akan melindungi kita dari mara bahaya.

7. Basmalah menjadi pelaris barang dagangan.
Bagi seorang pedagang rezeki yang berasal dari barang peniagaan dapat dijemput dengan Basmalah. Bacalah ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ sebanyak 786 kali, selama 7 hari berturut-turut sambil memanjatkan permohonan supaya barang perniagaan kita laris. Insya ALLAH selama 7 hari akan ada perubahan menjadi laris. Jika ALLAH telah memberi limpahan rezeki, hendaknya kita sebagian keuntungan tersebut untuk menggapai ridha ALLAH.

8. Basmalah mengindari kejahatan orang  zalim.
Tulislah ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ dengan huruf arab secarik kertas sebanyak 500 kali, lalu bacalah  bismillah sebanyak 150 kali. Bawalah kertas tersebut pada saat bertemu dengan orang zalim. Insya ALLAH, ALLAH akan memberi perlindungan kepada kita

9. Basmalah menyembuhkan segala macam penyakit.
Bacalah  Basmalah berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain memeriksakan diri kedokter, pada saat sakit kita perlu berikhtiar. Antara lain dengan membaca ”Bismillaahirrahmaanirrahiim’ sebanyak 100 kali, selama tiga hari berturut-turut. Insya ALLAH dengan izinNya penyakit yang diderita akan berangsur-angsur akan diberi kesembuhan.

Sahabat pembaca bacaan madani, itu semuanya kita amalkan setelah kita berikhtiar/berusaha sebatas kemampuan kita. Bukan hanya sekedar mengamalkan kalimat basmalah tersebut tanpa ada usaha..
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

6 komentar :

  1. Ijin mengamalkan Ustadz.Jazakumullah khoiron katsiron

    ReplyDelete
  2. MAU TANYA USTADZ? KENAPA HARUS 786 KALI, KENAPA DAN ADA APA DENGAN ANGKA ITU
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  3. Ijin untuk mengamalkan pk ustad semoga di beri kelancaran dan mendapatkan keberkahan.

    ReplyDelete