Tujuh Pedoman Untuk Pengguna Internet


Seiring dengan kemajuan teknologi banyak di kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua yang memiliki waktu senggang dan cenderung kepada hawa nafsu dan sesuatu yang diinginkan oleh jiwa berupa melihat segala yang baru, lalu mereka mengikuti perkumpulan tersebut yang memberikan apa yang disiarkan lewat internet atau saluran alam maya.

Memang dengan adanya internet segala sesuatunya banyak yang berubah, mulai dari pendidikan, budaya, ekonomi, politik dan lain sebagainya. Perubahan itu ada yang mengarah kepada hal yang positif maupun ke arah yang negatif. Semua kembali kepada pribadi-pribadi yang memanfaatkan internet tersebut.  apabila pengguna tersebut mengarah kepada yang positif, maka itu merupakan sebuah keuntungan. Dan apabila sipemakai memanfaatkan internet kearah yang negatif, maka suatu kerugian baginya menurut agama.

Tapi perlu dingat, jangan sampai kita lupa diri, lupa terhadap keluarga, tetangga, kawan yang duduk di sebelah kita bahkan lupa kepada Allah SWT. Karena kesibukan kita dengan sosial media yang telah tersedia di internet. Memang tidak ada larangannya kita mengikuti sosial media yang ada selama membawa kita kepada kebaikan.

Jadi supaya kita tidak menjadi pemakai internet yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain, ada beberapa pedoman untuk pengguna internet sebagai berikut,

Pertama:  Ketika seorang Muslim mendengar panggilan untuk shalat, ia harus bangkit untuk mengingat Allah dan mengabaikan semua apa-apa yang mengahalanginya untuk shalat memenuhi panggilan itu. Termasuk diantaranya pengguna internet.

Kedua:  Internet adalah sarana atau fasilitas untuk berkomunikasi yang dianggap seperti pisau bermata dua. Ketika memberikan manfaat, menjadi hadiah. Dan ketika memberikan mudarat, akan menjadi aib. Sebagai muslim harus menggunakan internet sisi baiknya dari fasilitas ini untuk sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan menjauhkan diri dari sisi jahatnya yang dapat merusak agama dan kehidupannya.

Ketiga:  Ini sangat penting bagi pengguna internet untuk melindungi mata mereka dari jatuh di situs yang dilarang. Situs yang dilarang dianggap sebadai panah Setan, senjata yang dia gunakan untuk merusak pikiran orang muslim dengan menawarkan kesenangan. Membuka situs-situs yang dilarang penyebab kegelapan dalam hati, berat dan enggan untuk menyembah Allah. Ini menghilangkan jiwa kita menikmati manisnya iman yang mendalam. Termasuk dengan cara itu setan mempergunakannya sebagai perangkap bagi pengguna internet khususnya umat Islam. Dan saat salah satu jatuh dalam perangkap ini, Setan mengambil kontrol penuh dari hatinya, dan bermain dengan itu seperti seorang anak muda yang bermain dengan bola. Akhirnya selalu kerugian fatal.

Keempat:   Jangan biarkan internet mengkonsumsi waktu anda tanpa nilai. Yang terjadi ketika Anda menavigasi antara berbagai situs dan kelompok secara online selama berjam-jam. Anda membuang waktu hidup yang berharga. Saat itu yang harus Anda curahkan untuk orang-orang seperti keluarga Anda, orang tua, anak-anak dan kerabat, atau untuk pekerjaan Anda di mana Anda mencari nafkah untuk Anda dan keluarga anda.

Kelima:   Kunjungilah selalu Situs-situs Islam, situs-situs pengetahuan yang positif  untuk menambah informasi yang bermanfaat untuk anda. Jauhkan dari situs yang negatif, kelompok-kelompok yang berusaha penyebaran Fitnah atau kontroversi, bahkan jika ini adalah lebih dari isu-isu agama. kontroversi adalah sia-sia. Tidak berdebat agama dengan non muslim kecuali jika Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan. Dan jika tidak, meminta ulama untuk menanganinya sebagai gantinya.

Keenam:  Hati-hati terhadap situs chatting. Mereka adalah perangkap untuk pria dan wanita untuk menyeret mereka ke dalam hubungan yang dilarang, yang sering dimulai dengan perkenalan yang salah dan berakhir dengan perzinaan, penganiayaan, pembunuhan, penipuan, dan pemerkosaan yang menyebabkan kerusakan kehidupan dan iman.

Ketujuh:   Anda dapat mengendalikan perangkap internet. Jika Anda meletakkannya di bawah kendali Anda, Anda mengambil manfaat dan jauh dari bahayanya. Oleh karena itu Internet menjadi hadiah untuk kesejahteraan Anda. Dan jika Anda jatuh di bawah kendalinya, mengaburkan mata Anda dengan pesona berkilauan dan kesenangan sementara, mencuri uang Anda, waktu, kehidupan dan tugas Anda memiliki terhadap keluarga Anda dan orang-orang tercinta. Anda menjadi mangsa tanpa menyadari hal itu.

Demikianlah sahabat bacaan madani uraian tentang pedoman untuk pengguna internet. Mudah-mudahan kita tidak termasuk pengguna internet yang merugi. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment