Sunday, May 22, 2016

Orang-orang yang Selalu di Cari Oleh Malaikat


Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang juga dibebankan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Namun, tidak seperti manusia, mereka diberi kekuatan penuh untuk melaksanakannya. Mereka juga tidak diberikan hawa nafsu, sehingga tidak ada salah satupun dari mereka yang menyelisihi perintah Allah dan merasa capek dan bosan. Semuanya melaksanakan tugas masing-masing dengan benar sesuai perintah Allah.

Jika melihat tugas dan tanggung jawab malaikat yang bermacam-macam, akan menemukan hubungan yang erat antara mereka dengan kita sebagai manusia. Hubungan yang menunjukan kedekatan kita dengan mereka. Diantara malaikat-malaikat Allah ada sekelompok malaikat yang memilki tugas berkeliling dan berjalan-jalan mencari orang-orang.

Fudhail bin `Iyadh berkata, "Sesungguhnya Allah mempunyai malaikat yang mencari kumpulan orang yang berzikir kepada-Nya, maka perhatikanlah dengan siapa kamu bermajelis (duduk-duduk)..." (Syarh I'tiqad Ahlis Sunnah wal Jama'ah 1/156)

Dalam satu hadits Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah pernah menyampaikan berita kepada sahabat tentang adanya malaikat yang selalu berkeliling di jalan-jalan, berkeliling di muka bumi, untuk mencari orang yang selalu berdzikir, mencari majelis-majelis yang berdzikir. Jika malaikat itu menemukan apa yang dicari, maka dia akan berseru kepada malaikat lainnya, “Ke marilah kepada apa yang kamu semua hajatkan!”

Lalu, mereka mengelilingi orang-orang yang berzikir itu dengan sayap-sayap mereka hingga ke langit. Apabila orang itu telah berpisah (bubar dari majelis zikir) maka para malaikat naik ke langit. Maka bertanyalah Allah kepada mereka (padahal Dia-lah yang lebih mengetahui perihal mereka).

Allah berfirman : Dari mana kalian semua? Malaikat berkata : Kami datang dari sekelompok hamba-Mu di Bumi. Mereka bertasbih, bertakbir dan bertahlil kepada-Mu. Allah berfirman : Apakah mereka pernah melihat-Ku? Malaikat berkata: Tidak pernah !

Allah berfirman : Seandainya mereka pernah melihat-Ku? Malaikat berkata: Andai mereka pernah melihat-Mu niscaya mereka akan lebih meningkatkan ibadahnya kepada-Mu, lebih bersemangat memuji-Mu dan lebih banyak bertasbih pada-Mu.

Allah berfirman: Lalu apa yang mereka pinta pada-Ku? Malaikat berkata: Mereka minta surga kepada-Mu.

Allah berfirman : Apa mereka pernah melihat surga? Malaikat berkata : Tidak pernah!

Allah berfirman: Bagamana kalau mereka pernah melihatnya? Malaikat berkata: Andai mereka pernah melihatnya niscaya mereka akan bertambah semangat terhadapnya, lebih bergairah memintanya, dan semakin besar keinginan untuk memasukinya.

Allah berfirman: Dari hal apa mereka minta perlindungan? Malaikat berkata: Dari api neraka.
Allah berfirman : Apa mereka pernah melihat neraka? Malaikat berkata: Tidak pernah!

Allah berfirman: Bagaimana kalau mereka pernah melihat neraka? Malaikat berkata: Kalau mereka pernah melihatnya niscaya mereka akan sekuat tenaga menghindarkan diri darinya.

Allah berfirman: Aku persaksikan kepadamu bahwasanya Aku telah mengampuni mereka. Salah satu dari malaikat berkata: Disitu ada seseorg yang tidak termasuk dalam kelompok mereka. Dia datang semata-mata karena ada satu keperluan (apakah mereka akan diampuni juga?).

Allah berfirman : Mereka adalah satu kelompok di mana orang yang duduk bersama mereka tidak akan kecewa” (HR Bukhori Muslim). Dalam riwayat Muslim ada tambahan pada kalimat terakhir : ‘Aku ampunkan segala dosa mereka dan Aku beri permintaan mereka.”

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang malaikat yang bertugas mencari orang-orang yang berdzikir. Semoga kita termasuk ahli dzikir. Aamiin. 

No comments:

Post a Comment