5 Wasiat Rasulullah Sebelum Tidur Demi Kesehatan dan Keselamatan


Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia. Setiap manusia membutuhkan tidur untuk istirahat. Sesibuk apa pun kegiatan manusia boleh dipastikan membutuhkan tidur. Manusia bisa stres apabila tidak bisa tidur, sebab manfaat tidur itu termasuk diantaranya menyegarkan badan dan menghilangkan stress.

Menurut para psikologis, seperti dijelaskan dalam Al Quran, orang tidur dan orang mati adalah dua fenomena yang sama. Yaitu dimana ruh terpisah dari jasad. Bedanya, pada orang tidur, ruh dengan kekuasaan Allah bisa kembali kepada jasad saat orang itu terjaga. Sedangkan pada orang mati, tidak.  

Sebagaimana Allah Swt Berfirman :

"Allah memegang jiwa ketika ia mati dan jiwa yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia menahan jiwa orang yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir." (QS. Az-zumar : 42)

Dari penjelasan ayat diatas bisa kita fahami bahwa orang tidur dan mati sama-sama tidak sadarkan diri. Dalam hal inilah ada beberapa pesan Rasulullah kepada kita umatnya sebelum tidur demi keselamtan, kesehatan dan kenyamanan kita waktu tidur maupun sesudah tidur. Adapun wasiat dari Rasulullah tersebut sebagai berikut :

1. Berwudu’ Sebelum Tidur.
Dari Bara’ bin ‘Azib r.a Rasulullah saw bersabda,

“Apabila kalian hendak mendatangi tempat tidur, maka berwudulah seperti wudhu’ kalian shalat.” (HR Bukhari)

Imam An-Nawawi mengatakan, 

“Hadits ini berisi anjuran untuk berwudhu’ ketika hendak tidur. Apabila sesorang telah mepunyai wudhu’ maka hal itu telah mencukupinya, karena maksud dari itu semua adalah tidur dalam keadaan suci khawatir maut menjemputnya seketika itu.Maksud lainnya, dengan berwudhu’ dapat menjauhkan diri dari gangguan setan dan perasaan takut ketika tidur”

2. Memadamkan Lampu Di Malam Hari
Dari Jabir bin Abdullah, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur." (HR. Bukhari)

Seorang ahli biologi, Joan Roberts, merupakan orang pertama yang menemukan hubungan antara lampu dan kesehatan. Ia menemukan korelasi tersebut dalam penelitiannya pada hewan percobaan yang diberikan perlakuan dengan cara menyalakan lampu buatan sepanjang malam.

Setelah diamati beberapa lama, maka Roberts melakukan pengukuran kadar hormon melatonin di dalam tubuh hewan tersebut dan menemukan fakta bahwa jumlahnya makin berkurang disertai penurunan daya tahan tubuhnya terhadap penyakit.

Maka Roberts pun berkesimpulan bahwa cahaya lampu (termasuk pancaran dari layar televisi) dapat menyebabkan penurunan kadar hormon melatonin di dalam tubuh yang akan mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan mengakibatkan tubuh menjadi lemah.

Beberapa abad kemudian, para ilmuwan di berbagai belahan dunia pun menyelidiki tentang pentingnya tidur di malam hari dalam keadaan lampu dimatikan. Hasil penelitian mereka ternyata memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Joan Roberts. Salah satunya adalah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics menyatakan bahwa menyalakan cahaya buatan pada malam hari ketika tidur akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh dan dapat menjadi pemicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

3. Menutup Pintu, Bejana-bejana, Makanan dan Minuman Rapat-rapat.
Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, "Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu tidur, Tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman" (HR.Muttafaq'alaih).

Hadits Rasulullah tersebut sangat jelas sekali memberikan nasehat kepada kita supaya menutup pintu yang bertujuan agar kita jauh dari gangguan makhluk Allah yang tidak bertanggung jawab, mungkinkah seperti perampokan dan binatang-binatng berbahaya tidak masuk kerumahl

Sedangkan wasiat selanjutnya adalah menutup bejana dan makanan maupun minuman. Sebab disaat tidur bejana, makanan dan minuman jauh dari hinggapan binatang-binatang yang membawa penyakit dimakanan atau diminuman.

4. Mematikan Api yang Menyala.
Dari Ibnu Umar, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian meninggalkan api yang menyala ketika kalian tidur." (HR. Bukhari)

Tentunya wasiat Rasulullah sangat menjaga keamanan kita dari sijago merah, sebab orang yang tidur tidak sadarkan diri.

5. Mengibaskan Selimut dan Berdoa.
Rasulullah Saw bersabda :

"Apabila salah seorang di antara kamu hendak tidur maka kibaskanlah bagian dalam selimutnya karena dia tidak mengetahui apa yang ada di balik itu. Kemudian berdoalah, 'Dengan nama-Mu, ya Tuhanku, aku letakkan lambungku dan dengan nama-Mu aku angkat lambungku. Jika Engkau menahan jiwaku maka kasihanilah dia dan jika Engkau melepaskannya maka jagalah ia dengan penjagaan yang Engkau lakukan terbadap hamba-hamba-Mu yang saleh".

Maksud dari mengibaskan selimut tersebut sangat mudah kita fahami, mana tahu ada binatang atau serangga yang menyengat didalam selimut kita. Dengan mengibaskannya insya Allah binatang atau serangga tersebut akan keluar.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment