Friday, June 24, 2016

Beginilah Pakaian dan Perhiasan Para Penghuni Surga


Surga adalah tempat yang dipersiapkan bagi hamba Allah Swt yang bertaqwa selama hidup di dunia. Begitu juga bagi hamba-hambanya yang beriman dan senantiasa beramal saleh. Hal ini dipersiapkan bagi hambanya untuk selama-lamanya. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Qur’an : “Dan (pada hari itu) surga didekatkan kepada orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Asy-Syu’araa : 90)

Dan firman Allah Swt dalam surat yang lain : “Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itu penghuni surga, di dalamnya mereka kekal.” (QS. Al-Baqarah : 82)

Surga adalah tempat penuh dengan kenikmatan. Kenikmatan surga tidak ada bandingnya di dunia ini. Para penghuni surga akan diberikan kenikmatan kenikmatan seperti yang dijanjikan Allah Swt dan Rasulullah Saw. para ahli surga juga akan diberikan pakaian dan perhiasan di surga, tentunnya berbeda dengan pakaian dan perhiasan sewaktu hidup di dunia. Sebagaimana di sebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits berikut ini :

Allah Swt Berfirman :

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan." (QS. Ad-dhukhaan : 51-53)

"Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah." (QS. Al-Kahfi : 31)

"Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera." (QS. Al-Hajj : 23)

Dari Ja'far bin Mughirah dari Syamr bin Atthiyah dari Ka'ab yang berkata:

"Bahwa Allah memerintahkan para malaikat semenjak diciptakan untuk membuat perhiasan para penghuni surga sampai hari kiamat datang, seandainya saja perhiasan penghuni surga di keluarkan ke dunia, maka sinar matahari tidak akan terlihat, setelah itu kalian jangan bertanya lagi tentang bagaimana perhiasan para penghuni surga."

Diriwayatkan dari Daud bin Amr bin Saad bin Abu Waqqash dari ayahnya dan kekeknya, bahwa Rasulullah Bersabda :

"Seandainya saja penghuni surga muncul ke bumi, kemudian perhiasan dan gelangnya terlihat, maka sinar dari gelang tersebut akan menutupi sinar matahari, sebagaimana sinar matahari menutupi cahaya bintang-bintang." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah yang berkata Abu Umamah, bahwa Rasulullah berbincang dengan para sahabat, pembahasannya yaitu tentang perhiasan penghuni surga, Rasulullah Bersabda :

"Mereka diberi gelang dari Emas dan Perak, dan diberi mahkota intan berlian, diatas kepala mereka terdapat mahkota yang terbuat dari Intan berlian dan Mutiara Yakut, diatas kepala mereka juga terdapat mahkota seperti mahkota raja, mereka senantiasa muda belum berjanggut dan memakai celak"

Dari Abu Said Al-Khudri Ra, berkata :

"Seseorang bertanya kepada Rasulullah Saw : "Apa itu thuba?", Beliau bersabda : " Thuba adalah pohon di surga, besarnya perjalanan selama 100 tahun, pakaian penghuni surga, di produksi dari kelopak bunganya" (HR. Ahmad)

Diriwayatkan dari Abu Salam Al-Aswad, yang berkata aku pernah mendengar Abu Umamah berkata, bahwa Rasulullah Bersabda:

"Setiap orang dari kalian yang masuk surga, pasti berjalan menuju thuba, lalu kelopaknya terbuka untuknya, lantas ia mengambil warna baju apa saja yang ia sukai, putih, merah, hijau, kuning dan Hitam"

Dari Abu Mahzam yang berkata bahwa Abu Hurairah berkata :

"Rumah orang penghuni surga adalah mutiara Lu'lu, didalamnya terdapat satu pohon yang tumbuh seketika, kemudian seseorang mengambil kedua telapak tangannya, Abu Hurairah memberi isyarat dengan jari telunjuk dan ibu jarinya, 70 pakaian yang dikelilingi dengan mutiara Lu'lu dan mutiara Marjan"

Abdulah bin mubarak berkata, kepada Sulaiman bin Mughirah dari Hamid bin Hilal, dari Basyar bin Ka'ab ia berkata :

"Salah seorang Istri penghuni surga mempunyai 70 Pakaian, dan pakaian tersebut lebih lembut dan lebih halus dari tepung terigu kalian, sumsung tulang betis wanita surga bisa dilihat dari balik kulitnya"

Demikianlah Sahabat bacaan ulasan tentang pakaian dan perhiasan penghuni surga. mudah-mudahan kita termasuk penghuni surga dan mendapatkan pakaian dan perhiasan tersebut. Aamiin.

No comments:

Post a Comment