Monday, June 13, 2016

Tiga Macam Jenis Laki-laki dan Wanita Menurut Umar bin Khaththab


Pada dasarnya Allah Swt menciptakan manusia itu laki-laki dan wanita. Pertama kali Allah Swt menciptakan satu orang laki-laki yaitu Nabi Adam As. selanjutnya Allah Swt menciptakan manusia yang kedua adalah wanita yaitu Hawa sebagai istri dari Nabi Adam As. dari dua makhluk ciptaan Allah Swt inilah manusia menjadi banyak hingga saat ini. Tidak ada manusia yang lain diciptakan kecuali dari keturunan Adam dan Hawa.

Dari sekian banyaknya laki-laki maupun wanita, semuanya berbeda-beda jikalaupun kembar, jika ada persamaan itupun hanya sedikit. Umar bin Khaththab sendiri membagi secara umum laki-laki itu menjadi tiga macam dan wanita tiga macam.

Al-Imam Ibnu Abi Syaibah membawakan sanadnya hingga kepada Samurah bin Jundub, beliau mengatakan: aku pernah mendengar Umar Ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhu berkata:
Para Wanita Ada Tiga Macam:

1. Wanita lemah lembut, pandai menjaga kehormatan, muslimah, penuh kasih lagi subur yang akan membantu suaminya menaklukkan masa (waktu), dan tidak membantu masa untuk menggerus suaminya, dan sedikit sekali engkau akan menemukannya.

2. Wanita yang pandai menjaga kehormatan lagi muslimah, hanya saja dia sebatas tempat lahirnya anak, tidak ada padanya selain dari itu.

3. Wanita yang mengikat lagi selalu melekat (setia), yang Allah jadikan dia berada di leher orang yang Allah kehendaki dan tiada orang lain dapat melepaskannya.

Laki-laki ada 3 macam:

1. Laki-laki yang dapat menjaga kehormatan, muslim, berakal, mampu mengatur berbagai persoalan yang menghampiri lagi rumit, dan apabila terjadi masalah dia dapat keluar darinya dengan pemikirannya.

2. Dan laki-laki yang dapat menjaga kehormatan, muslim, namun dia tidak memiliki ra’yu (ide/pemikiran), dan apabila tertimpa suatu permasalahan dia datangi orang yang memiliki pemikiran dan musyawarah dengannya dan meminta jalan keluarnya kemudian dia akan menghadapi persoalannya.

3. Dan laki-laki yang plin-plan lagi bingung, tidak mampu menciptakan jalan keluar lagi tidak mampu memberikan jalan keluar…
Mushannaf Ibnu Abi Syaibah (3/560) no. Hadits [17147].

Sahabat bacaan madani yang dirahmati Allah Swt. demikianlah tiga macam laki-laki dan tiga macam wanita menurut Khalifah Umar bin Khaththab. Mudah-mudahan kita menjadi laki-laki atau wanita yang terbaik menurut Allah dan Rasulnya. Aamiin.

Baca Juga :
Mengapa Rasulullah Tersenyum dan Marah Kepada Khalifah Abu Bakar?
Inilah Adab Imam Ahmad Ibnu Hambal Menasehati Muridnya Harun ibnu ‘Abdillah

No comments:

Post a Comment