Monday, July 18, 2016

Hal Inilah Yang Membuat Iblis Menjerit Dan Menangis


Iblis adalah makhluk ciptaan Allah Swt. yang sudah terkutuk selama-lamanya oleh Allah Swt. iblis merupakan makhluk Allah Swt. yang diciptakan dari api. Iblis tidak pernah senang terhadap manusia, sifat iblis tersebut terhadap manusia mulai dari zaman Nabi Adam As. di surga. Saat itu Allah Swt. memerintahkan Malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam As, sebagai penghormatan, bukan sebagai penyembahan. Para malaikat menjalankan perintah Allah tersebut kecuali iblis laknatullah.

Mulai saat itu iblis sudah menanam kebencian terhadap Nabi Adam As dan keturunannya sampai hari kiamat. Iblis maupun setan selalu merusak nilai ibadah manusia. Di saat iblis maupun setan berhasil menjerumuskan manusia kedalam kemaksiatan, mereka akan riang gembira akan keberhasilan tersebut. namun apabila bujuk rayu mereka tidak berhasil, mereka akan tetap terus berusaha untuk menyesatkan manusia.

Disamping iblis bisa bergembira, mereka juga bisa menangis sebagaimana manusia menangis disebabkan beberapa hal. Dalam Kitab Al Jami’ Li Ahkam karya Imam Al Qurthubi dijelaskan bahwa ada 3 hal yang bisa menyebabkan iblis menangis dengan sekeras kerasnya.

Pertama, Ketika diturunkannya Surat Al Fatihah. 
Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling afdhol di dalam Al- Qur’an. Jadi dimanapun dan kapanpun surat al fatihah dibaca, iblis laknatullah akan menjerit dan menangis.

Kedua , Kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Nabi Muhammad Saw adalah makhluk yang paling mulia sejagad raya. Karena berkat bimbingan Beliau, orang yang sudah memiliki dosa setumpuk gunung bisa terhapus dosanya hanya dengan mengucapkan syahadat saja.

Sebagai contoh saja, pada zaman Rasulullah SAW ada orang yang tua renta kisaran berumur 100 tahun lebih mengadu kepada Rasulullah SAW.

“Ya Rasulullah, apakah agamamu bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah aku perbuat, yang mana dosaku setumpuk gunung, berzina, mabuk, berjudi dan sebagainya dan kalau dikumpulkan akan melebihi dosa orang yang paling banyak dosanya di muka bumi ini,” kata orang tua itu.

“Bisa,” jawab Rasulullah SAW
“Lalu apa yang harus aku lakukan?” tanya orang tua itu.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda,

“Ucapkanlah Syahadat.”
Kemudian orang tua itu pergi menuju rumahnya. Selang 3 hari kemudian terdengar kabar kalau orang tua itu meninggal dunia dan Rasulullah SAW pun bersabda,

“Orang tersebut termasuk golongan orang yang masuk surga.”

Ketiga , Ucapan salam.
Ternyata ucapan salam dari seorang mukmin pada mukmin lainnya bisa membuat iblis menangis dengan kerasnya.

Hal ini seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Ibnu Abbas berkata, “Sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin bersalam dan dia (iblis) berkata, “Aduh, celakanya, kedua mukmin itu tidak akan berpisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya.”

Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan ucapan salam bagi seorang mukmin sebelum perkataan lain diucapkan. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, ..

“Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak.”
.
Itulah 3 hal yang bisa membuat iblis menangis dengan keras. Sungguh sangatlah beruntung kita ini dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Sahabat bacaan madani, demikianlah hal-hal yang bisa membuat iblis menangis dan menjerit. Maka senantiasalah kita selalu memohon Perlindungan kepada Allah Swt. Semoga Allah Swt selalu melindungi diri kita dan keluarga kita dari tipu daya setan yang terkutuk.
Aamiin.

No comments:

Post a Comment