Tuesday, July 5, 2016

Inilah yang Dirasakan Orang yang Mendapat Gelar Takwa Setelah Ramadhan


Taqwa adalah gelar tertinggi yang dapat diraih manusia sebagai hamba Allah Swt. Tidak ada gelar yang lebih mulia dan tinggi dari itu. Maka setiap hamba yang telah mampu meraih gelar taqwa, ia dijamin hidupnya di surga dan diberi kemudahan-kemudahan di dunia. Dan puasa adalah sarana untuk mendapatkan gelar taqwa itu.

Allah Swt. telah membuka pintu dan memberikan fasilitas atau jalan untuk umat Islam agar mendapatkan gelar taqwa tersebut. diantaranya adalah berpuasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Al-Quran,

“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS al-Baqarah: 183)

Akan tetapi tidak semua orang Islam yang berpuasa dibulan Ramadhan itu akan merasakan manisnya mendapatkan gelar taqwa. Sebab mereka tidak bisa menjaga kualitas ibadah puasanya. Seperti masih berbohong, menghina, memfitnah dan maksiat lainnya. Dan pada akhirnya banyak diantra umat Islam yang berpuasa itu hanya mendapatkan haus dan lapar saja. Sebagaimana disebutkan Rasulullah Saw. dalam haditsnya. Rasulullah Saw bersabda,

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy)
Padahal Allah Swt. telah berjanji dalam Al-Quran akan memberikan kemanisan dan kemudahan-kemudahan atas gelar taqwa yang didapat tersebut. Adapun kemanisan dan kemudahan-kemudahan yang diberikan Allah kepada hambanya yang bertaqwa, antara lain:

1. Akan Diberikan Jalan keluar dari Semua Masalah.
Kemampuan manusia amat terbatas, sementara persoalan yang dihadapi begitu banyak. Mulai dari masalah dirinya, anak, istri, saudara, orang tua, kantor dan sebagainya. Tapi bila orang itu taqwa, Allah akan menunjukkan jalan berbagai persoalan itu. Bagi Allah tidak ada yang sulit, karena Dialah pemilik kehidupan ini.

“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. Ath Thalaaq: 2)

“Dan barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath Thalaaq: 4)

2. Akan Dicukupi Kebutuhannya.
Firman Allah Swt. dalam Al-Quran, tentang dicukupinya kebutuhan orang-orang yang bertaqwa,

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya….”(QS. Ath Thalaaq: 3)

3. Akan Diberikan Ketenangan Jiwa, Tidak Khawatir dan Sedih Hati
Bagaimana bisa bersedih hati, bila di dalam dadanya tersimpan Allah. Ia telah menggantungkan segala hidupnya kepada Pemilik kehidupan itu sendiri. Maka orang yang selalu mengingat-ingat Allah, ia bakal memperoleh ketenangan.

“Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-KU, maka barangsiapa bertaqwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-A’raaf: 35)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang kemanisan dan kemudahan atas orang-orang yang mendapat gelar taqwa atau orang yang bertaqwa kepada Allah Swt. mudah-mudahan dengan berpuasanya kita, insya Allah akan mendapatkan gelar tertinggi tersebut yaitu gelar taqwa. Aamiin.

No comments:

Post a Comment