Wednesday, July 20, 2016

Tiga Fungsi atau Manfaat Bintang Menurut Al Qur’an


Bintang adalah merupakan salah satu dari sekian banyak benda langit ciptaan Allah Swt yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Allah Swt menciptakan segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya. Walaupun manfaat ciptaan Allah Swt itu sangat sedikit sekali yang diketahui manusia, karena keterbatasan, atau kelemahan manusia itu sendiri. Allah swt menciptakan benda-benda di luar angkasa juga mempunyai manfaat besar yang tidak diketahui manusia secara keseluruhan.

Dalam hal ini bintang juga Allah Swt ciptakan bukan hanya diciptakan tanpa manfaat dan fungsi. Bintang Allah Swt ciptakan paling tidak mempunyai 3 manfaat secara garis besar, sebagaimana di jelaskan Allah Swt dalam Al-qur’an. Adapun tiga manfaat dan fungsi bintang tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Bintang Sebagai Penghias Langit.
Bintang berfungsi sebagai penghias langit sebagaimana Allah Swt berfirman dalam beberapa ayat Al-Quran tentang fungsi bintang sebagai penghias langit.

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya).” (QS. Al Hijr: 16)

“Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang.” (QS. Ash Shaffat: 6)

“Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Mulk: 5)

2. Alat Pelempar Setan yang Mencuri Berita di Langit yang di Bawa Para Malaikat.
Bintang juga berfungsi sebagai pelempar setan yang mencuri berita sebagaimana Allah Swt menjelaskan dalam Al-Quran,

“Dan sesungguhnya kami (jin)  telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).” (QS. Jin: 8-9)

Dalam beberapa ayat Allah Swt juga tegaskan bahwa setan yang mencuri berita langit akan dilempar dengan bintang.

“Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”(QS. Al Mulk: 5)

“Dan Kami menjaganya dari tiap-tiap syaitan yang terkutuk, kecuali syaitan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang.” (QS. Al Hijr: 17-18)

“Dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap syaitan yang sangat durhaka. Syaitan syaitan itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal.” (QS. Ash Shaffat: 7-9)

3. Bintang Sebagai Penunjuk Arah.
Bintang berfungsi sebagai petunjuk arah, sebagaimana Allah Swt berfirman dalam Al-Quran,

“Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.” (QS. Al An’am: 97)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang manfaat dan fungsi Allah Swt menciptakan bintang. Semoga dengan membaca artikel ini keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. semakin bertambah. Aamiin.

2 comments: