Monday, August 29, 2016

Hikmah dan Manfaat Istirahat dan Tidur Siang

Islam menuntut bekerja dan juga menuntut untuk istirahat.


Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam). Setiap apa yang diperintahkan dalam agama, baik wajib maupun yang sunah, tidak hanya mendatangkan pahala untuk kehidupan akhirat. Akan tetapi ada manfaat yang luar biasa didapatkan dalam kehidupan didunia ini dari perintah tersebut. Manfaat dan keutamaan yang didapatkan dari perintah tersebut belakangan ini banyak diketahui manusia setelah mengadakan penelitian. Penelitian tersebut bukan hanya di adakan oleh orang Islam, akan tetapi umat non muslim pun ada yang meneliti tentang hikmah dan manfaat dari yang diperintahkan dalam agama Islam tersebut.

Setiap apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, bukan berarti itu untuk menambah pekerjaan atau mengurangi aktifitas kita sebagai umat Islam. Semua itu sebagai tanda sayang dan tanda kekuasaan bagi orang yang mendengarkan Allah Swt. mislanya, salah satu sunah Rasul yang selalu di kerjakan sahabat adalah  istirahat atau tidur siang (qailulah). Tentunya tidur yang dimaksud adalah tidur yang ada nilainya, yaitu tidur sebentar. Sebab tidur siang yang lama justru bisa menadatangkan masalah. Firman Allah Swt dalam Al-Qur’an,

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum :23)

Dari firman Allah Swt tersebut, dapat kita ambil kesimpulan, bahwa kita diperintahkan utuk bekerja atau menacari karunia Allah Swt. akan tetapi kita juga di anjurkan untuk istirahat dan tidur. Baik itu tidur malam maupun tidur siang.

Istirahat dan tidur siang sebentar (qailulah) sunah yang selalu dikerjakan para sahabat Rasulullah Saw. sebagaimana disebutkan dalam satu hadits,

“Dahulunya ’Umar bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, 'Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan.”

Tidur siang sangat bermanfaat dan terasa bagi orang yang terbiasa. Badan akan terasa segar jika bangun dari tidur siang yang walaupun sebentar tetapi berkualitas. Adapun manfaat tidur siang sebentar (qailulah) bagi kesehatan:

1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat.
Sebuah penelitian di City University of New York, pada tahun 2010, menemukan bahwa orang yang biasa tidur siang dengan waktu 10 – 20 menit, memiliki daya ingat yang lebih tajam dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. Namun jika tidurnya terlalu lama, justru bisa menimbulkan masalah.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Dapat Meningkatkan Produktivitas.
Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja. Bahkan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

3. Dapat Mengobati Insomnia.
Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu, namun sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

4. Dapat Menurunkan Stres.
Ingin memotong hormon stres kortisol sebanyak separuh? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

Dalam satu penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.

5. Dapat Mencegah Penyakit Jantung.
Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan ‘kepala berat’.

Penelitian ahli lainnya juga menunjukkan hal serupa. Bahwa tidur sebentar di siang hari (qailulah) bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak.

Dr. James Maas, seorang pakar tidur dari Cornell University merumuskan, tidur sebentar di siang hari dapat mengembalikan tenaga dan menjaga kesehatan.

David Dinges, dari University of Pennsylvania School of Medicine mengemukakan, tidur sebentar di siang hari dapat meningkatkan kewaspadaan, kemampuan memori, kemampuan motorik, pengambilan keputusan dan semangat, serta dapat menurunkan kemungkinan sakit jantung dan stress sebesar 30%.

No comments:

Post a Comment