Inilah 10 Dosa Terhapus Hanya dengan Shalat Tasbih


Dibanding dengan shalat sunah yang lain, shalat tasbih memiliki satu kekhusuan , terutama dalam hal bacaan doa yang terdapat dalam setiap rakaatnya. Kata “tasbih” sendiri sebenarnya mempunyai arti “mensucikan”. Dengan demikian, yang kita kenal sebagai shalat tasbih adalah shalat yang bertujuan untuk mensucikan dzat Allah Swt dari segala hal-hal yang tidak layak di berikan kepada-nya. Shalat tasbih di maksudkan untuk mensucikan dan mengagungkan sama Allah Swt itu. Makanya, jika di lihat bacaan-bacaan yang terdapat dalam shalat tasbih syarat dengan kalimah-kalimah tasbih yang bermakna “mensucikan Allah” seperti yang terdapat dalam bacaan biasa di baca yaitu,

“Maha suci Allah Swt , segala puji bagi Allah Swt , dan tiada tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah Swt , Allah Swt maha besar , tiada daya dan upaya kecuali milik Allah Swt yang maha tinggi dan maha agung”

Seperti yang di anjurkan oleh Nabi, shalat tasbih sebisa mungkin dilakukan setiap hari, kalau di rasa tidak bisa maka seminggu sekali, kalau masih belum bisa maka satu bulan sekali. Jika selama satu bulan sekali tidak bisa maka di usahakan setiap satu tahun sekali. Jika hal terakhir ini masih belum bisa maka usahakan selama hidup pernah melaksanakan shalat tasbih ini ini meski hanya sekali saja. Mengapa demikian? Sebab dalam shalat tasbih terkandung sebuah hikmah yang begitu besar, yakni bisa menghapus 10 macam dosa. Dalam sebuh hadis pernah di jelaskan:

“Wahai pamanku (Abbas), sukakah paman Aku beri , Aku karuniai dan Aku hadiahi dengan hadiah yang istimewa, Aku ajari paman sepuluh macam perbuatan yang dapat menghapus sepuluh macam dosa. Jika paman mengerjakan itu maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosa paman, baik yang awal maupun yang akhir, yang lama dan yang baru, yang tanpa sengaja atau yang sengaja, yang kecil dan yang besar, yang sembunyi dan yang terang-terangan. Sepuluh kelakuan itu adalah shalat empat rakaat.....”
Shalat empat rakaat yang di maksud nabi adalah shalat tasbih. Shalat ini akan bisa menghapus sepuluh macam dosa, yakni yang awal-awal lalu sudah terlanjur di lakukan dosa yang terkhir di lakukan dosa yang sudah lama terpendam dosa yang masih baru saja di kerjakan , dosa yang tanpa di sengaja , dosa yang benar benar di sengaja , dosa kecil maupun dosa besar, dosa yang tersembunyi maupun yang terang-terangan semua dosa-dosa ini akan di ampuni oleh Allah Swt jika seseorang mau melaksanakan shalat tasbih.

Begitu besar fadhilah yang terdapat dalam shalat tasbih,tak heran jika nabi menganjurkan kepada umatnya agar senatiasa mengerjakan shalat ini, kalau bisa setiap hari namun kalau tidak ya, seminggu sekali atau sebulan sekali, atau setahun sekali atau barang kali masih belum bisa hendaknya seseorang pernah melaksanakan shalat tersebut meski selama hidup hanya sekali. Jangan sampai selama hidup seseorang tidak pernah sekalipun melaksanakan shalat tasbih, sebab jika yang ada demikian, maka ia tak punya jaminan, atau lebih tepatnya Allah Swt tidak akan memberikan jaminan untuk mengampuni dosa-dosanya.

Demikianlah Sahabat bacaan madani ulasan tentang 10 dosa yang bisa dihapuskan dengan shalat sunat tasbih. tentunya setelah kita melaksanakan shalat sunah tasbih, kita tidak akan mengulangi dosa-dosa tersebut lagi. Selanjutnya kita meningkatkan amal ibadah kita kepada Allah Swt.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment