Tali Belenggu dan Rantai Neraka Jahanam


Neraka merupakan tempat di mana manusia dan jin adalah para makhluk yang membangkang terhadap syariat Allah Swt dan mengingkari para Nabi dan Rasulnya.

Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kukuh dan tertutup rapat. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat. Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk surga, setelah mereka di siksa sesuai dengan dosa-dosanya yang telah mereka perbuat. Di dalam Al-Qur'an disebutkan bahan bakar neraka adalah dari manusia dan batu.

Para penghuni neraka akan menjalani hukuman berupa siksa yang sangat pedih. Siksaan yang mereka derita dalam neraka itu bermacam-macam sekali. Di antara adzab yang telah disediakan Allah adalah belenggu, rantai, palu besi, dan tali kekang. Semua itu merupakan bentuk atau jenis siksaan yang didapatkan penghuni neraka di dalamnya. Selain adzab api yang membakar dan memanggang tubuh mereka adalah belenggu dan rantai yang dipergunakan untuk menyeret dan mengikat mereka, seperti mengikat binatang. Tangan mereka terbelenggu sampai ke leher, sedang rantai mengikat mereka dari berbagai sisi, baik dari kaki maupun leher. Rantai yang diikatkan itu dipergunakan untuk menyeret atau menarik mereka ke dalam neraka.

Di neraka terdapat rantai, belenggu dan tali untuk mengikat para penghuninya, disana mereka dituangi air panas, dibelitkan kedalam rantai sepanjang 70 hasta :

Firman Allah :

"Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala nyala." (QS. Al Insan : 4)

Belenggu tersebut di pasang di leher orang-orang kafir. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran. Firman Allah Swt:

"Dan kami pasang belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak di balas melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Saba : 33)

Orang-orang yang sudah di pasang belenggu di lehernya akan di seret kedalam air yang sangat panas, selanjutnya di bakar didalam api. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran, Firman Allah :

"Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret, kedalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api." (QS. Al-Mukmin : 71-72)

Ada juga yang di belenggu tangan dan lehernya, kemudian di masukkan ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran, Firman Allah :

"Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam Api neraka yang menyala nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya 70 hasta." (QS. Al-Haqqah : 30-32)

Sedangkan belenggu dan rantai itu tidak ada yang ringan, belenggu dan rantai yang di pasang dileher dan ditangan ahli neraka itu berat, sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran, Firman Allah :

"Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala. Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih." (QS. Muzzammil : 12-13)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang rantai belenggu dan tali neraka jahannam. Mudah-mudahan kita tidak termasuk diantara golongan makhluk Allah yang kena belenggu di akhirat kelak. Semoga kita juga termasuk ahli surganya Allah Swt. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment