Tanda-tanda dan Peristiwa Menjelang Hari Kiamat


Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT.

Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan membali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan.

Mengenai kapan datangnya hari kiamat? Adalah tidak ada yang tahu. Akan tetapi, allah dan Rasul-Nya member “rambu-rambu” berupa aneka ragam ciri atau tanda yang menujukkan bahwa hari kiamat sudah dekat.

Adapun tanda-tanda dan ciri-ciri akan datangnya hari kiamat adalah :

1. Dunia semakin kacau balau, terjadi pembunuhan di mana-mana. Saking kacaunya, bahkan kejadian Saling bunuh bisa terjadi antara orang-orang terdekat. Nabi Bersabda, “belum akan datang kiamat sehingga seseorang membunuh tetangganya, saudaranya, dan ayahnya.” (HR. Bukhari)

2. Tidak ada lagi orang-orang yang menyebut nama Allah. Satu ciri disebutkan lagi oleh Rasulullah SAW. “Tidak akan Kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut, ‘Allah, Allah.’” (HR. Muslim)

3. Banyak perbutan keji dan mesum (bahkan penguasa pun merestuinya), orang jujur dituduh khianat, dan orang yang suka berkhianat malah diberi amanat. Tanda-tanda Kiamat tersebut disebutkan oleh Nabi dalam hadis yang diriwayatkan al-Hakim. “Demi Dia yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba Kiamat, melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, bersikap buruk dengan tetangga, orang yang jujur dituduh khianat, dan orng yang berkhianat diberi amanat.”

4. Banyak orang bersaing dalam membangun rumah-rumah dan gedung yang megah. Nabi Bersabda, “Belum akan datang Kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah.” (HR. Bukhari)

5. Banyak orang memilih bunuh diri karena tidak kuasa menanggung beban hidup yang terlalu berat. Rasulullah Bersabda : “Belum terjadi kiamat sebelum ada seseorang yang melewati kuburan lantas berkata, ‘alangkah baiknya sekiranya aku ditempat ini.’”

6. Muncul binatang yang dapat berbicara dengan manusia. Tanda ini pun kita ketahui dari firman Allah SWT.

Artinya: “Dan apabila Perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (QS. An-Naml : 82)

7. Bulan terbelah. Allah menggambarkan tanda yang satu ini dalam Q.S. al-Qamar : 1 :

Artinya : “Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan. (Q.S. al-Qamar : 1)

8. Matahari terbit dari arah barat. Diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim, menyebutkan satu tanda lagi “Belum akan tiba kiamat melainkan matahari tebit dari sebelah barat, maka seluruh manusia akan binasa. Jika terbit dari barat, seluruh manusia akan beriman. Pada saat itu iman seseorang tidak lagi bermanfaat bagi dirinya, jika tidak beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakandalam masa imannya”.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang tanda-tanda menjelang datangnya hari kiamat. mudah-mudahan ulasan ini menambah keimanan kita kepada Allah Swt. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment