Thursday, October 13, 2016

Apakah Azab Kubur atau Siksa Kubur itu Ada?


Azab atau siksa kubur adalah balasan atas manusia yang sudah meninggal di alam barzah atau alam kubur setelah meninggal dunia. Azab atau siksa kubur ini sifatnya ghaib. Mengenai azab kubur atau siksa kubur ada manusia yang percaya dan ada juga yang tidak percaya. Dalam ajaran Islam azab kubur atau siksa kubur ada dan itu wajib dipercayai. Sebab banyak ayat Al-Qur’an maupun hadits Rasulullah Saw menjelaskan atau menerangkan azab atau siksa kubur.

Buat orang-orang yang tidak percaya akan azab kubur adalah salah besar, sesungguhnya bahwa azab dan siksa kubur itu benar-benar ada, seperti yang telah di jelaskan dalam Dalil-dalil Al-qur'an dan Hadits Rasulullah Saw.

Firman Allah Swt:

فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا ۖ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ.
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

"Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat,(dikatakan kepada malaikat) : 'Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya kedalam azab yang sangat keras" (QS. Al-Mukmin 45-46)

Ayat diatas jelas menunjukan bahwa azab kubur itu benar-benar ada, disebutkan bahwa Fir'aun dan Kaumnya saat ini ditampakan neraka pada pagi dan petang, dan tentu saja fir'aun dan kaumnya saat ini mereka ada dialam barzakh, Siksa Selanjutnya pada hari Kiamat Fir'aun dan kaumnya di masukan kedalam neraka, dikatakan kepada mereka : "Masukkanlah Fir'aun kedalam azab yang sangat keras".

Baca Juga : 
1.  Gambaran Alam Barzakh dan Siksa Kubur
2.  Himpitan dan Tekanan Kubur Bagi Orang Munafiq

Sedangkan Hadits-hadits Rasulullah menjelaskan tentang keberadaan Azab dan siksa kubur.
Diriwayatkan dari Aisyah ra :

Bahwa seseorang wanita Yahudi datang kepadanya dan menceritakan adzab kubur, wanita itu berkata :

"Semoga Allah melindungimu dari adzab kubur",

lalu Aisyah bertanya kepada Rasulullah tentang adzab kubur, Beliau menjawab : "Ya azab kubur pasti ada"

Aisyah berkata : "Setelah itu aku tidak pernah melihat Rasulullah mendirikan shalat, kecuali meminta perlindungan dari adzab kubur" (HR. Bukhari)

Diriwayatkan dari Shahihaini dari Al-Barra bin Azib dari Abu Ayub, dia berkata : "Rasulullah keluar pada saat matahari tenggelam dan beliau mendengar sesuatu, lalu Beliau Bersabda : "Ini adalah Yahudi yang diazab di dalam kuburnya"

Dalam Hadits lain, Rasulullah bersabda :

"Sesungguhnya seorang yang mati akan disiksa di dalam kuburnya karena tangisan dan ratapan orang yang hidup"

Dalam Hadits lain, Rasulullah bersabda :

"Kalaulah bukan karena kekhawatiranku bahwa kalian tidak akan saling menguburkan, aku pasti akan berdoa kepada Allah agar Dia memperdengarkan azab kubur yg aku dengarkan"

Dalam Riwayat lain di sebutkan, Rasulullah bersabda :

"Berlindunglah kalian dari siksa neraka!!, para sahabat berkata : 'Kami berlindung kepada Allah dari azab dan siksa neraka, kemudian Rasulullah bersabda : "Berlindunglah kalian dari siksa kubur", para sahabat berkata : "Kami berlindung kepada Allah dari siksa kubur".

Dan masih banyak lagi hadits-hadits yg menjelaskan tentang adanya azab dan siksa kubur, jadi jelaslah disini bahwa azab dan siksa kubur merupakan keniscayaan yang haq, tidak ada keraguan didalamnya bahwa memang siksa kubur itu benar-benar ada.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang azab kubur atau siksa kubur. Dari penjelasan Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Saw diatas sangat jelas bahwa siksa kubur atau azab kubur itu ada. Kita sebagai orang yang beriman wajib percaya akan adanya siksa kubur tersebut. mudah-mudahan kita di jauhkan dari azab kubur atau siksa kubur tersebut. Aamiin.

No comments:

Post a Comment