Rabu, 05 Oktober 2016

Inilah Shalat Sunnah yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya


Shalat merupakan tiang agama dalam Islam. Shalat ada yang hukumnya wajib dan ada pula yang hukumnya sunnah. Contoh shalat wajib adalah shalat 5 waktu sehari semalam. Sedangkan shalat yang sunnah ada yang bisa dikerjakan tiap hari dan ada pula yang bisa dilaksanakan sekali setahun bahkan shalat sunnah juga ada yang bisa dikerjakan pada masa-masa tertentu, seperti shalat sunnah gerhana bulan maupun matahari.

Diantara sekian banyak macam shalat sunnah, diantaranya ada shalat yang sunnah apabila dlaksanakan maka akan mendapatkan kebaikan nilainya dari dunia dan isinya. Berdasarkan beberapa riwayat shalat sunnah tersebut selalu di jaga dan di laksanakan oleh Rasulullah Saw. sebab shalat tersebut  memilki keutamaan dan balasan pahala besar yang dijanjikan Allah Swt bagi orang-orang yang melaksanakannya. Lalu shalat sunnah apakah yang dimaksud yang memiliki kebaikan nilainya melebihi dinia dan isinya?

Adapun shalat sunnah yang dimaksud adalah shalat sunnah Fajar. Shalat sunnah fajar itu, maksudnya adalah shalat sunnah qabliyah subuh. Untuk itu marilah kita laksanakan shalat sunnah fajar sebelum shalat subuh. Tapi pada pembahasan kali ini akan ana paparkan tentang dibalik shalat sunnah fajar, mungkin saja ada hikmahnya dibalik itu semua. Ingin tahu apa itu? Silakan simakartikel islami tentang shalat sunnah fajar di bawah ini.

Allah swt adalah Zat yang Maha Kaya lagi Maha Pemberi, Maha Pemurah lagi Maha Adil. Begitu banyak nikmat dan pahala yang telah Allah swt berikan dan janjikan kepada umat-Nnya yang taat kepada-Nya. Setiap perintah ibadah yang diserukan kepada manusia, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kebaikan manusia itu sendiri.

Setiap perintah ibadah memiliki nikmat dan pahala yang begitu besar, yang telah dijanjikan oleh Allah swt. Setiap perintah ibadah merupakan ladang nikmat dan pahala bagi umat manusia. Jangankan pada ibadah yang wajib, ibadah yang sunnah pun banyak sekali yang didalamnya telah Allah swt tempatkan nikmat dan pahala yang sangat besar, yang dapat dipetik hanya ole orang-orang yang taat dan ikhlas menjalankan ibadah tersebut.

Shalat sunnah fajar adalah salah satu contoh ibadah sunnah yang memiliki ganjaran yang sangat besar bagi yang melakukan dan mengistiqomahkannya. Memang, shalat fajar ini merupakan salah satu sholat sunnah yang jarang sekali diamalkan oleh umat muslim, meskipun hanya dilakukan dalam dua rakaat yang ringan. Faktor penyebabnya hanya satu, karena mereka harus bangun lebih pagi. Dan kenyataannya, sangat sedikit sekali umat muslim yang memang sanggup untuk bangun di pagi buta. Hal ini dapat dilihat dari jumlah jamaah shalat shubuh yang hadir disetiap masjid dan musholah. Untuk musholah, dapat penuh sampai satu shaf saja sudah Alhamdulillah.

Seandainya setiap umat muslim benar-benar mengerti dan memahami ganjaran apa yang ada dibalik shalat sunnah dua rakaat sebelum fajar tersebut, niscaya mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Aisyah RA meriwayatkan dari Nabi Saw, Beliau bersabda : “Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Merujuk pada sabda Rasulullah Saw diatas, dapatkah kita bayangkan sebesar apa atau seperti apakah sebenarnya nilai dari sholat sunnah dua rakaat sebelum fajar tersebut? Subhanallah, sungguh Allah Maha Kaya lagi Maha Pemurah.

Begitu besarnya keutamaan dan balasan pahala yang dijanjikan Allah swt bagi orang-orang yang selalu mengistiqomahkan sholat sunnah dua rakaat sebelum fajar, hingga Rasulullah saw pun sangat menjaga sholat sunnah tersebut daripada sholat sunnah yang lainnya. Dan logikanya, kalau Rasulullah Saw saja yang sudah dijamin dengan surga masih sangat menjaga sholat sunnah tersebut, lalu apa yang menyebabkan umat muslim pengikut Rasulullah Saw yang pastinya tidak pernah lepas dari salah dan dosa tidak mau berjuang untuk mengistiqomahkannya juga? Harusnya, umat muslim dapat menjaga sholat tersebut dengan usaha yang jauh lebih keras.

Ummul Mukminin, Aisyah RA berkata, “Rasulullah Saw sangat menjaga shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh bila dibandingkan dengan shalat sunnah lainnya.”

Sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh atau shalat sunnah fajar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan sholat sunnah qobliyah shubuh memang bukanlah salah satu ibadah yang diwajibkan, namun sholat sunnah ini merupakan salah satu ibadah yang sangat di anjurkan atau yang biasa disebut dengan sunnah muakkad. Shalat sunnah ini dikerjakan sebelum waktu fajar dengan jumlah rakaat yang ringan. Shalat sunnah ini hanya terdiri atas dua rakaat yang dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu berlama-lama. Karena di dalam sebuah riwayat pun telah dikatakan bahwa Rasulullah Saw telah mengerjakan sholat sunnah fajar dengan cepat, sehingga para sahabat mengira bahwa beliau tidak membaca surat Al - Fatihah.

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw membaca surat Al - Kafirun pada rakaat pertama setelah membaca Al - Fatihah, dan membaca surat Al Ikhlas pada rakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.