Sunday, November 27, 2016

Dahsyatnya Zamharir Siksaan yang Sangat Dingin di Neraka

Neraka menurut keyakinan umat Islam adalah tempat di mana manusia dan jin adalah para makhluk yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari para nabi.

Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kukuh dan tertutup rapat. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat. Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk surga, setelah mereka di siksa sesuai dengan dosa-dosanya yang telah mereka perbuat. Di dalam Al-Qur'an disebutkan bahan bakar neraka adalah dari manusia dan batu (ada yang mengartikan berhala).

Tingkat siksaan yang ditimpahkan pada masing-masing penghuni neraka itu, tentu sesuai dengan tingkat kedurhakaan dan dosa-dosa yang dilakukan. Semuanya mendapatkan balasan yang seimbang dengan kejahatannya.

Neraka tidak Hanya Panas membakar tapi Juga dingin yang membuat rontok tulang-tulang. Diriwayatkan dari beberapa hadits bahwa az-Zamharir adalah tempat yang sangat dingin yang disediakan untuk penghuni neraka.

Diriwayatkan dari Laits dari Mujahid, "bahwa az-Zamharir itu sangat dahsyat, sehingga mereka tidak bisa merasakan apa-apa karena sangat dinginnya" (HR. ath-Thabrani dalam tafsirnya 24/165, dan Ibnu Abu Dunya dalam Shifat an-Nar 1/164)

Qabus meriwayatkan dari Abu Dhibyan dari bapaknya dari Ibnu Abbas ra. ia berkata,

"Penghuni neraka meminta pertolongan dari panasnya api, kemudian dihembuskan angin yang sangat dingin dan merontokkan tulang, lalu mereka meminta hawa panas lagi, begitu seterusnya."(Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Dunya dalam Shifat an Nar 1/163)

Abu Nu'aim dengan jalurnya sendiri meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Ka'ab berkata :

"Dijahannam itu ada hawa zamharir yang sangat dingin dan merontokkan daging, sehingga penghuni neraka meminta hawa panas neraka." (Diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dalam al hilyah 2/439)

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud juga menyebutkan bahwa zamharir itu adalah salah satu bentuk siksaan bagi penghuni neraka. (Diriwayatkan dari Ibnu Hatim dalam tafsirnya 12/357)

Diriwayatkan dari Zubaid Al-Yami, suatu hari ia hendak melakukan shalat tahajut, kemudian dia pergi ketempat wudhu, ia memasukan tangannya kedalam air, dan ia merasa sangat kedinginan, hingga tangannya seperti beku. Saat itu ia teringat tentang Zamhahir, sehingga ia tidak segera mengeluarkan tangannya dari tempat air itu hingga pagi.

Pagi harinya budaknya menemui dalam keadaan seperti itu, lalu ia bertanya : 

"Wahai tuanku, kenapa engaku tidak shalat pada malam ini, seperti biasanya ??",

Zubaid berkata : "Tidaklah kamu ketahui, aku mencelupkan tanganku pada air yang sangat dingin, aku teringat dinginnya Zamharir Jahannam. Demi Allah aku tidak merasakan hawa yang sangat dingin hingga aku berhenti, Perhatikan, janganlah engkau beritahu orang lain tentang hal ini selama aku masih hidup. Dan tidak ada seorang pun yang mengetahui hal itu hingga ia wafat." (Diriwayatkan dari Syeikh al-Ashfihaniy dalam Al-Adhomah 1/56)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang Zamharir adalah tempat yang sangat dingin yang disediakan untuk penghuni neraka. Mudah-mudahan kita di jauhkan dari siksa neraka kelak. Aamiin.
Baca Artikel Lain:
1. Ternyata Manusia yang Paling Berat Siksanya di Neraka Bukanlah Orang Kafir
2. Penjelasan Rasulullah Tentang Wanita Banyak Penghuni Neraka

No comments:

Post a Comment