Hikmah Di Ciptakannya Neraka untuk Kehidupan Dunia

Allah mempunyai sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang, lalu mengapa Allah menciptakan Neraka?. Apakah untuk menyiksa hamba2nya?, apakah Allah tidak adil terhadap ciptaan-Nya?, sesungguhnya tidak lah Allah pernah menganiaya hambah-hamba-Nya sedikitpun. Allah SWT berfirman :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۖ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar." (QS. An-nissa' :40)

Neraka adalah suatu tempat yang Allah sediakan untuk orang-orang yang tidak taat kepada Allah dan rasulnya selama hidupnya di dunia ini. Lalu untuk apa Allah menciptakan neraka? Serta apa hikmahnya diciptakannya nerka untuk kehidupan dunia?

Neraka diciptakan Allah semata-mata untuk menguji hamba-hamba-Nya, Seberapa jauh kecintaannya kepada Sang Pencipta, seberapa jauh ke Taatannya beribadah, dan Seberapa Jauh keingkarannya terhadap ayat-ayat yang dirurunkannya melalui Alam semesta yang di ciptakan-Nya, buat apa Allah menciptakan Manusia dengan akalnya?, mengapa manusia tidak menggunakan akalnya untuk melihat Alam dan segala isinya, dan memikirkan serta merenungi akan kebesaran Sang Pencipta. Allah SWT Berfirman :

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai." (QS. Al-A'raf :179)

Bayangkan apa jadinya kalau Allah tidak menciptakan Surga dan Neraka, apa yang bisa membuat Hamba-hamba-Nya bersemangat dan taat beribadah pada-Nya, apa yang bisa membuat Hamba-hamba-Nya menangis dihadapan-Nya kecuali karena takut akan Siksa yg dijanjikan Tuhan-Nya. Apakah akan ada lagi orangorang yang berdoa kepada Tuhan-nya?.

Lalu Apa yang bisa di bayangkan hamba-hamba-Nya untuk cinta kepada Tuhan-Nya, kecuali kelak mereka dijanjikan akan Bertemu dengan Pencipta-Nya di surga.

Lantas bagaimana Dunia ini kalau tidak diciptakan neraka, berapa banyak manusia yg telah diperlakukan tidak adil di dunia, berapa banyak manusia yang di aniaya, berapa banyak mereka yg telah direnggut kehormatannya, hartanya dan bahkan nyawanya, di mana keadilan itu?, apakah keadilan dunia bisa membuat mereka merasa terlindungi?, hanya keadilan Allah lah yang bisa membuat mereka merasa terwakili dengan keadaan yang terjadi di dunia ini. Allah SWT Berfirman :

وَأَنَّا مِنَّا الْمُسْلِمُونَ وَمِنَّا الْقَاسِطُونَ ۖفَمَنْ أَسْلَمَ فَأُولَٰئِكَ تَحَرَّوْا رَشَدًا.وَأَمَّا الْقَاسِطُونَ فَكَانُوا لِجَهَنَّمَ حَطَبً

"Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang taat dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahannam." (QS. Al-Jin :14-15)

Sungguh Dialah Allah SWT Sang Pencipta, yang lebih mengetahui dengan keadaan Makhluk2-Nya, dan tiadalah sesuatu yang diciptakan-Nya Sia-sia dan tiadalah Dunia ini diciptakan untuk bermain-main dan senda gurau.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang hikmah dan manfaat diciptakannya neraka. Semoga kita di jauhkan dari siksa api neraka. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment