Sunday, December 4, 2016

Pengertian Mukjizat dan Macam-macamnya

Mukjizat, mu'jizat atau mujizat  (Mu'jizah) adalah perkara di luar dari kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian, kerasulan dan keabsahan risalahnya.

Mukjizat juga dapat di artikan peristiwa ajaib yang sukar dijangkau oleh akal kemampuan manusia.
Mukjizat hanya diterima oleh para nabi dan rasul-rasul Allah. Mukjizat di pakai para nabi dan rasul hanya untuk membela diri dan menjawab tantangan orang-orang kafir. Firman Allah Swt dalam Al-Qur’an,
 اِنَّ نَـشَـأْ نُـنَـزِّلُ عَـليــهِـمْ مِنَ السـّـمَـَأِ ايَـةً فـَظَـلّـتْ اَعْـنَا قـُهـُم ْ لَـهـَا خـَاضِـعِـيْـنَ

Artinya :  “Jika Kami menghendaki,niscaya kami turunkan kepada mereka mukjizat dari langit, yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya." (QS. Asy-Syu’ara : 4)

Mukjizat dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu :

1. Mukjizat Kauniyah.
Mukjizat kauniyah adalah mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa alam, seperti dibelahnya bulan menjadi dua oleh Nabi Muhammad SAW dan dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.

2. Mukjizat Syakhsiyyah.
Mukjizat Syakhsiyyah adalah mukjizat yang keluar dari tubuh seorang nabi dan rasul, seperti air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, cahaya bulan yang memancar dari tangan Nabi Musa as serta penyembuhan penyakit buta dan kusta oleh Nabi Isa as.

3. Mukjizat Salbiyyah.
Mukjizat Salbiyyah adalah mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya seperti ketika Nabi Ibrahim as dibakar oleh Raja Namrud, akan tetapi api tidak mampu membakarnya.

4. Mukjizat Aqliyyah.
Mukjizat Aqliyyah adalah mukjizat yang rasional atau masuk akal. Contoh satu-satunya adalah Al Qur’an.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian mukjizat serta pembagiannya. Mudah-mudahan dengan membaca ini, keimanan kita kepada Allah swt dan rasulnya bertambah. Aamiin.

2 comments:

  1. Assalamualaikum, terima kasih kongsi ilmu dalam laman ni. Cuma, saya nak tahu dari mana tuan dapatkan maklumat yang dipamerkan dalam laman ni?
    boleh tuan maklumkan saya?

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum .. Maaf sebelumnya saya ingin tau sumber yang anda ambil dari mana?😊 supaya saya dapat memberitahu kalaupun ada yang bertanya tentang macam-macam pembagian mukjizat ini
    Trmksh

    ReplyDelete