Friday, February 24, 2017

Fakta Ilmiah Tentang Garis Edar Tata Surya Dalam Al Qur'an

Tata surya merupakan bagian di alam semesta yang sangat luas. Tata surya terletak di dalam satu galaksi yang, galaksi yang kita tempati adalah galaksi Bimasakti. Galaksi Bimasakti disebut juga Milky Way. Bumi tempat kita berpijak adalah salah satu dari delapan planet yang ada dalam tata surya.

Tata surya terdiri dari delapan planet yang mengelilingi Matahari. Matahari merupakan pusat tata surya. Benda-benda langit lain seperti Bulan, Asteroid, dan Komet. Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua obyek yang yang mengelilinginya. Selain 8 planet tersebut juga terdapat anggota tata surya yang lain yaitu satelit, komet asteroid, dan meteorid.

Semua benda langit, termasuk planet, satelit mengiringi planet, bintag bahkan galaksi memiliki Obit dan gari edar masing-masing. Semua orbit ini sudah sitetapka oleh Allah Swt. selama juta tahun masig-masing berjalan sesuai dalam keserasian dan teratur. Selain itu sejumlah komet juga bergerak sepanjang garis edar yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Tentang garis edar tata surya hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan itu memang fakta ilmiah.

Banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang alam semesta dan tata surya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS. Al Anbiya:33)

وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

“Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS. YaSiin: 38)

وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَاهُ مَنَازِلَ حَتَّىٰ عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ

“Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua.” (QS. YaSiin: 39)

لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. YaSiin: 40)

Pengamatan astronomi telah membuktikan kebenaran fakta ini. Menurut ahli astronomi, matahari bergerak sangat cepat dengan kecepatan mencapai 720.000 km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang dinamakan Solar Apex.

Selain matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Semua bintang yang ada di alam semesta juga berada dalam suatu gerakan serupa.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang fakta tata surya yag di jeaska dalam Al-Qur’an. Mudah-mudahan ilmuan-ilmuan kita khususnya umat Muslim bisa menggali fakta-fakta yang ada dalam Al-Qur’an. Sebagai bukti bahwa kitab Al-Qur’an merupakan kitab suci kita umat Islam yang dahsyat kemukjizatannya. Aamiin.

No comments:

Post a Comment