Inilah Orang yang Bentuk Wajahnya Tidak Berdaging di Hari Kiamat


Pada hari kiamat kelak semua manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar dan ternyata ada beberapa golongan orang yang memiliki wajah-wajah yang bercahaya di hari pembalasan tersebut. Ada juga yang di bangkitakan dengan wajah yang tidak bercahaya. Semua manusia akan dibangkitkan kembali dengan berbagai wajah dan kondisi yang berbeda-beda sesuai dengan amal perbuatan yang telah mereka lakukan selama di dunia.

Diantara manusia ada yang dibangkitkan muka mereka seperti rupa kera, itulah orang yang kerjanya tukang penyebar fitnah di tengah-tengah manusia. Ada juga Golongan yang bangkit dari kubur tidak bermata, mereka meraba-raba berjalan kesana kemari, itulah hakim-hakim yang tidak berlaku adil membutakan mata pada kebenaran. Ada juga golongan yang  dibangkitkan tidak bertelinga, tuli dan gagu, itulah orang-orang yang sombong dengan mulutnya dan perbuatannya. Karena membanggakan kekayaan dan kedudukan atau pangkatnya. Ada juga golongan yang di bangkit dari kubur lidah mereka ditusuk menjulur dan dari mulut mengalir darah dan nanah, itulah ali 'ulama, lain ilmu lain amal yang dikerjakannya. Orang lain dianjurkan berbuat kebajikan sedang mereka melupakan diri sendiri. Bahkan ada juga diantara manusia yang dibangkitakan dengan muka yang tidak berdaging atau sama seperti tengkorak. Orang yang seperti ini di jelaskan dalam hadits Rasulullah Saw,

Rasulullah Saw bersabda,

"Seorang yang tidak henti-hentinya meminta belas kasihan kepada orang lain, nanti ia akan datang pada hari kiamat dengan bentuk muka yang tidak berdaging (seperti tengkorak)."(HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian dapat difahami bahwa orang-orang yang meminta-minta kepada orang lain akan bangkita dalam keadaan wajah tidak berdaging atau seperti tengkorak. Untuk mengantisipasi yang demikian Rasulullah Saw memberikan solusi kepada kita. Sebagaimana di sebutkan dalam haditsnya.
Rasulullah Saw bersabda,

"Demi zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh apabila salah satu di antara kalian mengambil seutas tali, kemudian mencari kayu bakar dan mengikatkan di punggungnya untuk dijual, hal itu lebih baik dan mulia baginya daripada ia meminta-minta kepada orang lain dengan risiko diberi atau malah sebaliknya (diacuhkan)." (HR Bukhari, Muslim, al-Tirmidzi, al-Nasai, Ahmad, dan Malik).

 Dalam riwayat yang lain dijelaskan.

“Berangkatnya salah seorang diantara kalian pagi-pagi kemudian pulang dengan memikul kayu bakar di punggungmu, lalu kamu bersedekah dengan itu tanpa meminta-minta kepada orang banyak, itu lebih baik bagimu daripada meminta-minta kepada orang banyak, baik ia diberi atau tidak. Sesungguhnya tangan yang memberi itu lebih mulia daripada tangan yang menerima. Dan dahulukanlah memberi kepada orang yang menjadi tanggunganmu."

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id dari Isma'il telah menceritakan kepadaku Qais bin Abu Hazim ia berkata, kami mendatangi Abu Hurairah maka ia pun berkata; Nabi pernah bersabda:

"Seorang dari kalian pergi, lalu ia kembali dengan membawa kayu bakar di atas punggungnya, lalu ia menjualnya. Kemudian ia pun menyebutkan hadits yang serupa dengan hadits Bayan.” (HR. Muslim).

Demikianlah sahabat bacaan madani penjelasan tentang orang-orang yang datang pada hari kiamat dalam keadaan wajah tidak berdaging atau seperti tengkorak. Mudah-mudahan kita tidak termasuk dari golongan orang-orang yang disebutkan Rasulullah tersebut. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment