Tuesday, February 28, 2017

Ketika Penghuni Surga Menemui Allah Swt

Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan tidak ada sebanding dengan kenikmatan di dunia. Surga hanya disediakan oleh Allah Swt untuk hamba-hambanya yang selalu taat kepadanya selama hidup di atas dunia ini.

Penghuni surga bukanlah seluruh manusia. Melainkan hanya orang-orang yang taatlah yang bisa menghuni surga. Dalam satu riwayat bahwa orang-orang yang beriman dan suhada duduk dibelakang Nabi sambil mendengar firman Allah.

Diriwayatkan dari Abdulullah bin Ubaid bin Umair, ia mendengar Anas bin Malik ra, berkata, dari Rasulullah Saw :

"Jibril membaca cermin putih, di dalamnya terdapat suatu bekas,"

Nabi SAW bertanya : "Apa itu ?",

Jibril menjawab : “Hari Jum'at, dengan hari itu kau dan umatmu diberi kelebihan, di hari itu ada suatu saat, tidaklah seorang mukmin berdoa kepada Allah memohon kebaikan bertepatan pada saat itu melainkan pasti dikabulkan. Hari itu bagi kami adalah hari tambahan".

Nabi Saw bertanya : “Wahai Jibril apa itu hari tambahan ?”, 

Jibril menjawab : “Sungguh Tuhanmu menciptakan lembah yang luas di surga Firdaus, disana ada gunung kasturi, di hari Jumat Allah menurunkan para malaikat seperti yang di kehendaki, di sekelilingnya terdapat mimbar-mimbar dari cahaya dan diatasnya ada tempat-tempat duduk para Nabi.

Mimbar-mimbar itu dikelilingi mimbar-mimbar emas berhias yaqut dan mutiara, diatasnya ada syuhada dan orang-orang yang benar keimanannya, mereka duduk di belakang para Nabi diatas gunung Kasturi itu."

Kemudian Tuhan berfirman : "Aku Tuhan kalian dan janji-Ku untuk kalian telah Aku penuhi, karena itu mintalah pasti Aku beri".

Mereka berkata : 'Ya Tuhan, kami memohon keridhoan-Mu'.

Allah berfirman : "Aku meridhoi kalian, kalian memiliki keinginan atas-Ku, dan AKu memiliki tambahan. Mereka menyukai hari Jumat kerena mereka mendapat kebaikan yang dikaruniakan Tuhan pada hari itu. Pada hari itulah Tuhan kalian bersemayam di atas Arsy, pada hari itu Adam di ciptakan dan pada hari itu pula kiamat terjadi." (HR. Syafi'i dalam Musnadnya, Hadist No.308)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang ketika penghuni surga menemui Allah Swt. yang menjelaskan tentang hari tambahan. Yaitu hari jum’at. Hari yang kebaikan yang dikaruniakan hari itu. Mudah-mudahan kita juga termasuk golongan orang yang mendapat kebaikan yang dikaruniakan di hari jum’at. Aamiin.

No comments:

Post a Comment