Monday, March 13, 2017

100 Bagian Allah Ciptakan Kasih Sayangnya Hanya 1 di Turunkan di Dunia

Pada dasarnya setiap makhluk selalu mengharapkan kasih sayang Allah Swt. terutama orang-orang yang beriman kepada Allah Swt. baik kasih sayang di dunia maupun di akhirat kelak. Ada dua kasih sayang yang hakiki dan tak pernah luntur, yaitu kasih sayang Allah Swt kepada hamba-Nya dan kasih sayang ibu terhadap anaknya. Namun, keduanya memiliki nilai berbeda.

Cinta Allah Swt itu adalah cinta yang tidak terbatas. Hakikat dan besarnya tidak bisa disamakan dengan kasih sayang makhluknya. Allah SWT berfirman,

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ

''Rahmat (kasih sayang)-Ku meliputi segala sesuatu.'' (QS. al-A'raf : 156)

Untuk memberikan gambaran kepada umat tentang kasih sayang Allah, Rasulullah mengibaratkan kalau kasih sayang Allah itu berjumlah seratus, yang sembilan puluh sembilan disimpan dan satu bagian lagi dibagi-bagi. Yang satu bagian bisa mencukupi seluruh kebutuhan makhluk. Hal ini menunjukkan betapa luasnya cinta Allah.

Firman Allah Swt.

أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَتَ رَبِّكَ

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabbmu?...” (QS. az-Zukhruf:32)

Subhanallah, baru satu persen dari rahmat Allah Swt yang telah turun. Bila yang satu bagian saja sudah tidak terhingga oleh kita, maka bagaimanakah yang 99 bagian lainnya. 99 persen sisa rahmat Allah Swt itu akan diberikan Allah Swt bagi orang orang yang beriman di akhirat nanti . Itulah surga dengan segala kenikmatannya yang dijanjikan Allah Swt.

Rasulullah Saw Bersabda,

“Sesungguhnya Allah Swt memiliki 100 rahmat (nikmat) satu rahmat dari padanya diturunkan Nya dan dibagi-bagi diantara jin, manusia, hewan-hewan besar dan kecil. Dengan rahmat yang satu itu, semua makhluk tersebut. Saling sayang menyayangi dan kasih mengasihi. Dengan rahmat yang satu itulah seekor keledai liar menyayangi anaknya. Adapun rahmat yang 99 lagi disediakan Allah Swt buat kehidupan di akhirat. Dengan rahmat yang 99 itulah Allah Swt akan mengasihi hambaNya pada hari kiamat”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat yang lain Rasulullah Saw bersabda : Dari Abu Hurairah ra berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda:

”Allah menjadikan rahmat 100 bagian, 99 bagian Allah tahan dan Allah turunkan ke bumi satu bagian. Satu bagian itulah yang menyebabkan sesama mahluk saling menyayangi sampai kuda mengangkat telapak kakinya dari anaknya khawatir mengenainya.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Di luar itu semua, apa yang dianggap sebagai kasih sayang di dunia ini, sejatinya hanyalah 1 % dari kasih sayang yang disiapkan Allah Swt di luar dunia ini. Nabi Saw bersabda:

“Sesungguhnya Allah ketika menciptakan kasih sayang, Dia menciptakannya 100 bagian. Disimpan-Nya 99 bagian di sisi-Nya, dan Dia memberikan untuk untuk seluruh makhluk-Nya satu bagian.” (HR. Thabrani)

Sulit membayangkan betapa sepeser (satu persen) kasih sayang yang beredar di dunia ini, yang dibagi oleh sekian ibu yang menyayangi anaknya, kakek nenek yang menyayangi cucunya, kasih sayang antara suami isteri, bahkan kesayangan ibu seekor semut kepada anaknya dan miliaran jenis makhluk hidup lainnya. Sulit pula bahkan mustahil diolah logika betapa besar ukuran dari 99 persen kasih sayang yang disimpan Allah Swt untuk hamba-Nya di akhirat nanti.

Sekadar untuk memudahkan manusia menggambarkan nikmat Allah Swt yang tidak terbatas itu, Rasulullah Saw menjelaskanbahwa Allah Swt menciptakan 100 rahmat. Satu persen (1/100) diberikan Allah kepada seluruh makhluk yang ada di  bumi, yang dahulu, yang kini dan yang akan datang. Rahmat satu persen itu pun sungguh banyak , tidak mungkin terhitung oleh manusia. Dengannya manusia mendapat kasih sayang yang lengkap. Termasuk ibu menyayangi anak anaknya , suami menyayangi istrinya, manusia satu dengan yang lain saling bela dan sayang. Demikian pula binatang binatang dan tumbuh tumbuhan serta seluruh makhluk lainnya berkasih sayang hanya dengan satu persen kasih sayang Allah Swt itu.

Siapakah yang memperoleh rahmat atau kasih sayang Allah yang 99 persen itu?mereka adalah orang orang yang dicintai Allah di dunia ini. Yaitu mereka yang mencintai Allah dan hidup dalam bercinta dengan Allah dan orang oran yang dicintai Allah Swt.

Firman Allah Swt.

وَهَـذَا كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan Al Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.” (QS. Al-An’am: 155)

Firman Allah Swt.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatilah rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS. An-Nur: 56)

Firman Allah Swt.

إِنَّ رَحْمَتَ اللّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ

“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf: 56)

Firman Allah Swt.

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَـاةَ وَالَّذِينَ هُم بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ

“Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.” (QS. Al-A’raf: 156)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang rahmat Allah yang berjumlah 100. 1 hanya di bagikan kepada makhluknya saat dibumi. Sisanya 99 baru Allah berikan di akhirat kelak. Mudah-mudahan kita termasuk hamba yang mendapatkan rahmat Allah yang 99 di akhirat kelak. Aamiin.

No comments:

Post a Comment