Sunday, March 5, 2017

Golongan yang Selalu Menang

Menang adalah dapat mengalahkan atau unggul atas musuh, lawan, saingannya.
Kehidupan di atas dunia ini sama seperti diatas roda. Ada saatnya di atas dan saatnya di bawah. Hal seperti silih berganti menemui manusia.

Di dunia ini juga kita akan selalu menemukan yang berpasang-pasangan. Ada laki-laki ada juga perempuan, ada atas ada juga bawah dan orang yang beruntung ada juga orang yang kurang beruntung.

Akan tetapi hal seperti di atas tidak selamanya berlaku bagi manusia. Sebab Rasulullah Saw pernah mengatakan dalam satu haditsnya, bahwa ada dari kalangan umatnya yang akan selalu menang. Bahkan kemenangannya berlangsung sampai waktu ditentukan Allah Swt. sebagaimana di sabda Rasulullah Saw,

Dari Mughirah bin Syu'bah Ra. ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: "Senantiasa di kalangan umatku ada golongan yang selalu menang (dalam perjuangan mereka), sehingga sampailah pada suatu waktu yang dikehendaki Allah Swt. Mereka senantiasa menang." (HR. Bukhari)

Dari hadits Rasulullah Saw tersebut setidaknya ada 4 pelajaran yang kita dapatkan antara lain adalah,

1. Allah Swt menjaga agama ini dari perusakan dan penyimpangan dengan menghidupkan para pembela kebenaran, meskipun banyak orang yang memusuhi mereka.

2. Permusuhan antara kebenaran dan kebatilan akan terus berlangsung hingga menjelang kiamat tiba
Hidup ini adalah cobaan, barangsiapa yang tetap tegak di atas perintah Allah dan tidak melarutkan dirinya dalam penyimpangan maka Allah akan berikan kebahagiaan dan kemenangan yang sejati kepadanya.

4. Kemenangan yang sejati hanya akan diperoleh oleh orang-orang yang mengikuti pemahaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Orang-orang yang selalu menang tersebut sudah terbukti dari zaman dahulu hingga saat ini. Sebab itu Allah Swt akan memelihara kitab -Nya (Al-Qur'an) dan berjanji untuk melahirkan generasi demi generasi yang akan memikul tugas dakwah hingga tetap eksis golongan mukminin di permukaan bumi ini. Kalau kita teliti sejarah Umat Islam mulai zaman permulaan pengembangannya hingga hari ini, kita akan mendapatkan Umat Islam telah teruji sepanjang sejarah dengan ujian yang berat-berat.

Ujian itu dimulai dari golongan Musyrikin di Makkah, Munafiqin, Yahudi dan Nashrani di Madinah, seterusnya gerakan riddah, Majusi yang berselimutkan Islam, golongan Bathiniyah, pengaruh falsafah dan pemikiran Yunani, serangan bangsa Mongol dan bangsa Tartar yang menghancurkan peradaban Islam di Baghdad pada pertengahan abad keenam Hijriyah.

Walau pun banyak di kalangan Umat Islam yang telah hancur moral dan akhlaknya, tetapi masih ada golongan yang berakhlak tinggi dan berbudi luhur. Walaupun berbagai syi'ar Islam diinjak-injak di beberapa tempat, tetapi di tempat lain syi'ar Islam masih gagah dan teguh. Walaupun aktivis-aktivis Islam ditindas dan disiksa pada suatu tempat, tetapi di tempat lain mereka disanjung dan dihormati.

Begitulah seterusnya Umat Islam tidak akan lenyap dari permukaan bumi ini, hingga sampai pada waktu yang dikehendaki oleh Allah Swt. Maka pada waktu itu Allah Swt akan mematikan semua orang Islam dengan tiupan angin yang mematikan setiap jiwa yang beriman. Dan yang tinggal setelah itu hanyalah orang-orang jahat atau orang kafir. Pada waktu itulah akan terjadi hari qiamat.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang golongan orang-orang yang selalu menang. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang-orang yang menang menghadapi musuh, terutama musuh bebuyutan kita yaitu syaitan. Aamiin.

No comments:

Post a Comment