Kecepatan Malaikat Samai Lima Puluh Kali Kecepatan Cahaya

Menurut M. Quraish Shihab, kata malaikat berasal dari bahasa Arab, yaitu mala’ikah, yang merupakan bentuk jamak dari kata malak, yang terambil dari kata la’aka, yang berarti “menyampaikan sesuatu”. Jadi, malak/malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari Allah Swt.

Menurut istilah, malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Swt. dari cahaya, sebagai utusan Allah Swt. yang taat, patuh, serta tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah-Nya.

Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang juga dibebankan tugas dan tanggung jawab. Namun tidak sebagaimana manusia- mereka diberi kekuatan penuh untuk melaksanakannya. Mereka juga tidak diberikan hawa nafsu, sehingga tidak ada salah satupun dari mereka yang menyelisihi perintah Allah Swt. Semuanya melaksanakan tugas masing-masing dengan benar sesuai perintah Allah Swt.

Malaikat juga memiliki tugas mengatur urusan dari langit kebumi dan kemudian naik lagi dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Sebagaimana sama-sama kita ketahui bahwa cahaya adalah termasuk yang tercepat. Namun walupun demikian kecepatan cahaya tersebut masih kalah dengan kecepatan malaikat-malaikat Allah Swt. Sebagaimana Allah Swt berfirman,

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. As-Sajdah : 5)

Apakah kecepatan cahaya merupakan yang paling cepat di jagad raya ini seperti dugaan manusia selama ini berdasarkan ilmu fisika modern? Dari beberapa ayat di dalam Al Qur'an disebutkan bahwa malaikat mempunyai kecepatan terbang yang sangat cepat. Seperti jelaskan Allah Swt dalam Al-Qur’an.

وَالسَّابِحَاتِ سَبْحًا . فَالسَّابِقَاتِ سَبْقًا

“Dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat .Dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang .” (QS An Naazi´aat : 3-4)

Dalam surat yang lain juga Allah Swt jelaskan bahwa malaikat terbang dengan kencang atau cepat.

وَالْمُرْسَلَاتِ عُرْفًا . فَالْعَاصِفَاتِ عَصْفًا

“Demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan, Dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya.” (QS. Al-Mursalat ayat 1-2)

Bahkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ma’arij dijelaskan bahwa malaikat Jibril naik menghadap Allah Swt dalam sehari kadarnya 50 ribu tahun.

تَعْرُجُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

“Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.”  (QS. Al-Ma’arij : 4). 

Petunjuk dalam ayat di atas sangat jelas bahwa perbandingan kecepatan terbang malaikat adalah dalam sehari kadarnya 50.000 tahun.

Berdasarkan metode penghitungan yang dilakukan DR. Mansour Hassab El Naby seperti dalam tulisannya bahwa untuk satu hari yang berkadar 1.000 tahun sama dengan kecepatan cahaya (299.792,4989 km/detik).

Berdasarkan rumus-rumus dan cara yang sama untuk perbandingan sehari sama dengan 50.000 tahun dapat diperoleh hasil perhitungan sama dengan 50 kali kecepatan cahaya (14.989.624,9442 km/detik).

Demikianlah sahabat bacaan madani artikel tentang kecepatan malaikat-malaikat dan Jibril memilki kecepatan yang sama dengan kecepatan cahaya 50 kali.  Hal tersebut bisa dimaklumi karena penciptaan malaikat berasal dari unsur cahaya (nuur). Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini bisa menambah keimanan kita terhadap malaikat-malaikat Allah Swt. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment