Friday, August 25, 2017

Mengenali Sifat-Sifat Malaikat Allah Swt

Menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari kata mufrad malak yang berarti kekuatan. Dalam mengemban misi dan tugasnya, para malaikat juga disebut dengan “ar-rusul” yang berarti para utusan Allah Swt. Malaikat diciptakan oleh Allah Swt terbuat dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadits nabi Muhammad Saw, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”

Iman kepada malaikat adalah bagian dari rukun iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah Swt. Allah Swt menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah Swt dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa.

Tidak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah Swt saja yang mengetahui jumlahnya. Adapun sifat-sifat malaikat Allah Swt sebagai berikut.

1. Selalu Bertasbih Siang dan Malam tidak Pernah Berhenti.
Firman Allah Swt.

يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

“Mereka (malaikat) selalu bertasbih (beribadah kepada Allah) pada waktu malam dan siang hari tiada henti-hentinya”. (QS. al-Anbiya :20)

2. Suci dari Sifat-Sifat Manusia dan Jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.

3. Selalu takut Taat kepada Allah Swt.

Malaikat selalu taat atas apa yang diperintahkan Allah Swt kepada para malaikat. Para malaikat tidak pernah melanggar aturan-aturan Allah Swt.

4. Tidak Pernah Maksiat dan Selalu Mengamalkan Apa Saja yang diperintahkan Allah Swt.
Firman Allah Swt.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. at-Tahrim :6)

5. Mempunyai Sifat Malu.

Nabi Muhammad bersabda “Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya”. (HR. Muslim).

6. Bisa Terganggu dengan Bau tidak Sedap, Anjing dan Patung.

Nabi Saw bersabda “Barang siapa makan bawang putih, bawang merah, dan bawang bakung janganlah mendekati masjid kami, karena malaikat merasa sakit (terganggu) dengan hal-hal yang membuat manusia pun merasa sakit”. (HR. Muslim).

7. Tidak Makan dan Minum.
Allah Swt berfirman,

فَقَرَّبَهُ إِلَيْهِمْ قَالَ أَلَا تَأْكُلُونَ . فَأَوْجَسَ مِنْهُمْ خِيفَةً ۖ قَالُوا لَا تَخَفْ ۖ وَبَشَّرُوهُ بِغُلَامٍ عَلِيمٍ

“Lalu Ibrahim mendekatkan hidangan kepada mereka (malaikat), lalu berkata, “Silakan Anda makan.” (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata, “Janganlah kamu takut.” Dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq)”. (QS. az-Zariyat :27-28)

8. Mampu Mengubah Wujudnya.
 Allah Swt berfirman dalam surah Maryam : 16-17:

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا .فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

“Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur, Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna." (QS. Maryam :16-17)

9. Memiliki Kekuatan Luar Biasa dan Kecepatan Cahaya.
 Allah Swt berfirman dalam surah Hud :82, yaitu:

فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ

“Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan, peny.), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi”.(QS. Hud :82)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang sifat-sifat malaikat Allah Swt. Mudah-mudahan dengan berimannya kita kepada Malaikat Allah Swt. Bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. Aamiin.

No comments:

Post a Comment