Saturday, September 9, 2017

Pengertian Iman dan Pengertian Kafir

Pengertian Iman.
Kata iman secara bahasa berasal dari bahasa Arab yang berarti percaya. Dalam al-Qur’an, kata iman selalu dikaitkan dengan perbuatan baik dan melaksanakan hukum Islam, dan bagi siapa yang beriman maka ia akan dibalas dengan kehidupan bahagia baik dunia maupun di akhirat. Kata iman sendiri adalah bentuk masdar dari kata amana yu’minu yang mengandung arti percaya, setia, aman, pembenaran, dan melindungi.

Sedangkan pengertian iman menurut istilah adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah Swt adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah Swt itu benarbenar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

Dari pengertian di atas, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas. Apabila seseorang mengakui dalam hatinya tentang keberadaan Allah Swt, tetapi tidak diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai mukmin yang sempurna. Sebab, ketiga unsur keimanan tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Kufur.
secara bahasa kata kafir berasal dari bahasa arab yaitu: كَفَرَ-يَكْفُرُ-كُفْرً  (kafara-yakfuru-kufran).
Menurut Hasan Muhammad Musa, didalam bukunya yang berjudul Qamus Qur'ani, kufur mempunyai banyak pengertian yang saling berdekatan, seperti:"menyembunyikan","menutupi", "menghalangi", "dinding", "selubung", "mengingkari", dan "menentang".

Adapun االكَافِرُ berarti lawan dari muslim, sedangkan المُرْتًدُ berarti kafir setelah islam; baik dengan perkataan, atau perbuatan, atau keragu-raguan.

Orang bersikap kufur disebut kafir. Oleh karenanya, bangsa arab menyebut malam dengan nama kafir, dikarenakan malam menutupi siang. oleh karena itu malam dalam bahasa Arab dinamai kafir karena ia menutupi siang, dan petani juga disebut kafir karena ia menutupi biji dengan tanah.

Sedangkan kufur menurut ensiklopedia Islam adalah al-Kufr (tertutup) atau tersembunyi, mengalami perluasan makna menjadi ingkar atau tidak percaya, ketidak percayaan kepada tuhan, yakni sebuah kehendak untuk mengingkari tuhan, sengaja tidak mensyukuri kehidupan dan mengingkari wahyu.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian iman dan pengertian kafir. Semoga kita selalu istiqamah dalam keimanan kita dan di jauhkan dari kekafiran. Aamiin.

No comments:

Post a Comment