Monday, October 9, 2017

Menerapkan Akhlak Terpuji dan Contoh Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja

Dalam pergaulan sehari-hari di tengah masyarakat, seorang remaja harus memiliki prinsip yang kuat di antaranya ;

1. Memiliki kemampuan controlling dan membawa diri di mana berada. Sesuai yang disabdakan Rasulullah Saw. dalam hadis yang artinya "Bertaqwalah dimanapun kamu berada."

2. Mencari kawan yang saleh dan dapat memotivasi untuk mengembangkan kemampuan diri.

3 Mengembangkan sikap konsisten, disiplin, bertanggung jawab terhadap semua tugas yang diemban sehingga dapat mempersiapkan masa depan yang gemilang.

4. Mengembangkan kemampuan diri untuk mencapai prestasi ataupun kematangan diri sehingga memiliki kemampuan dan modal yang cukup untuk menyongsong masa depan.

5. Tidak mudah larut dalam kesenangan dan pergaulan bebas, karena kebiasaan ini akan menguras segala kemampuan dan dapat menghancurkan masa depan.

6. Menutup aurat dan berbusana sepantasnya sesuai dengan norma-norma sosial, adat dan agama.

Contoh Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja.
Dalam bergaul, etika atau akhlakpun juga harus diperhatikan. Etika yang buruk dalam bergaul akan merusak pergaulan. Etika yang baik akan memperkuat dan membuat baik pergaulan tersebut. Berikut ini adalah contoh akhlak terpuji dalam:

1. Ta’aruf dan Tafahum.
Ta'aruf adalah saling mengenal dan mengetahui. Seorang remaja harus mengetahui dan mengenal temannya. Mengetahui namanya, sifat-sifatnya, kebiasaan-kebiasaannya dan kondisi kehidupannya. Setelah mengetahui itu semua, seornag remaja pun harus saling memahami itu semua. Seperti contoh di bawah ini:

Ahmad sedang susah dalam menghadapi persoalan hidupnya. Ia kesulitan dengan biaya sekolahnya, orang tua Ahmad miskin, mau bekerja canggung karena tidak memiliki bekal ilmu yang memadai, tapi ia mempunyai teman yang kaya dan baik hati, Teman tersebut mengetahui kondisi Ahmad ia memberi kesempatan kepada Ahmad untuk bekerja di sore hari setelah pulang sekolah di perusahaan ayahnya. Dengan demikian ia dapat membantu mengatasi persoalan hidup yang dihadapi Ahmad.

2. Contoh Ta’awun (saling tolong menolong dalam kebaikan ) dan Tasamuh (toleran)
Adapun contoh tolong-menolong dalam kebaikan adalah:

a. Meringankan beban hidup, menutupi aib, dan memberikan bantuan kepada seseorang. Seperti Hadis Nabi Muhammad Saw. berikut ini:

"Barangsiapa melapangkan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia maka Allah akan melapangkannya dari kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang meringankan suatu penderitaan seseorang maka Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan selalu memberi pertolongankepada seseorang selama orang tersebut suka menolong saudaranya." (HR. Abu Daud)

b. Mengunjungi saudaranya pada saat dia sakit, seperti Hadits Nabi berikut ini :

"Hak muslim atas muslim lainnya ada lima macam, menjawab salam, mengunjungi orang yang sakit, mengiringi jenazah kekuburnya, memenuhi undangan dan mendoakan orang yang bersin." (HR. Bukhari).

Adapun contoh Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari adalah :

a. Tidak mengganggu ketenangan tetangga.
b. Tidak melarang tetangga yang ingin menanam pohon di batas kebunnya. Hadits Nabi Muhammad Saw. yang berbunyi :

Artinya : "Janganlah kamu melarang tetangga menanam tanaman di kebunnya." (HR. Bukhari)

Menyukai sesuatu buat tetangganya sebagaimana ia menyukai buat dirinya sendiri. Hadits Nabi Saw. yang berbunyi :

Artinya : "Demi Zat yang aku berada dalam kekuasaan-Nya Tidaklah seorang beriman sehingga ia menyukai tetangganya sebagaimana ia menyukai dirinya sendiri." (HR. Muslim)

3. Contoh Jujur dan Adil.
a. Jika diminta untuk jadi saksi dalam suatu perkara kita harus mengatakan apa adanya/yang sebenarnya.
b. Tidak berlaku curang hanya karena didorong rasa benci dan tidak senang kepada orang tersebut.

4. Contoh Amanah dan Menempati Janji.
Menempati janji berarti berbuat sesuatu sesuai dengan janji yang telah diucapkan, orang yang tidak menempati janji disebut ingkar janji. Oleh sebab itu jika berjanji dengan orang lain tentang sesuatu maka hendaklah ditepati, karena berjanji dengan orang lain pada hakikatnya adalah juga berjanji kepada Allah Swt.
Baca Juga :


Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang menerapkan akhlak terpuji dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja. Semoga remaja-remaja Islam di jauhkan dari perilaku-perilaku negatif seperti di atas. Aamiin. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment