Tuesday, October 10, 2017

Pendakian yang Menyulitkan di Neraka

Neraka adalah tempat paling mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang tidak mentaati Allah Swt dan Rasulnya selama hidup di dunia. Lawan dari neraka adalah surga, jika di surga terdapat kebahagiaan yang tidak terkira, ternyata di neraka inilah tempat dilakukan nya penyiksaan sebagai tebusan atau hukuman yang paling menyiksa bagi orang-orang yang berdosa.

Neraka sendiri saat ini lebih dikenal dengan gambaran api, padahal neraka sebenarnya tidak hanya api saja, misalnya saja neraka wail yang merupakan tempat paling dingin, bahkan es yang ada di dunia tidak ada apa-apa nya dibanding dingin nya neraka wail.

Neraka memiliki tujuh tingkatan, dan setiap tingkatan tersebut memiliki tingkat penyiksaan yang berbeda, jadi semakin tinggi tingkatan nya, maka semakin dahsyat pula siksaan nya. Semua dikelompokkan berdasarkan dosa yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Neraka jahanaam adalah salah satu neraka yang paling banyak dihuni oleh orang yang memiliki dosa paling besar.

Di neraka kelak akan ada pendakian yang sangat menyulitkan penghuni neraka. Sebagaimana firman Allah Swt.

سَأُرْهِقُهُ صَعُودًا

"Aku akan membebaninya mendaki pendakian yang memayahkan." (QS. Al-Muddassir : 17)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir Menjelaskan:
Diriwayatkan dari Abu Sa'id yg Sanad nya bersambung, Rasulullah menjelaskan tentang ayat diatas :

"Su'ud adalah Gunung Api didalam neraka, orang kafir dipaksa untuk mendaki dan menaikinya, Maka apabila tangannya di letakan di gunung tersebut, tangannya itu hancur lebur, maka apabila ia menariknya maka tangan tersebut kembali seperti semula, apabila ia meletakan kakinya, maka kakinya tersebut hancur lebur, maka apabila kakinya diangkat kembali maka menjadi utuh seperti semula".

Al-Bazzar dan Ibnu Jarrir meriwayatkan melalui hadist syarik dalam sanad yg sama. Qatadah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa :

"Su'ud adalah sebuah batu besar di dalam neraka jahannam, dan orang kafir diseret dengan muka di bawah dan kaki diatas."

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada Kami, Hasan dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah dari Darij, dari Abul Haisam, dari Abu Sa'id, bahwa Rasulullah bersabda :

"Wail adalah nama sebuah jurang di neraka jahannam, orang kafir dijatuhkan kedalamnya selama 40 musim gugur sebelum mencapai dasarnya. Dan Su'ud adalah sebuah gunung dari api neraka, yang orang kafir naik mendakinya selama 70 musim semi, kemudian terjatuh dalam masa yg sama, untuk selama-lamanya". (Sumber : Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Muddassir)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pendakian yang memayahkan di neraka. Mudah-mudahan kita termasuk golongan dari orang-orang yang dijauhkan dari api neraka. Aamiin. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

1 comment:

  1. Mari perbanyak amal ibadah mumpung masih diberikan kesempatan oleh Allah berada diatas muka bumi ini. Ajal pasti menjemput, siapapun dia apapun jabatannya berapapun kekayaannya...hanya Allah tempat seluruh mahluk bersandar. Hisab diri kita sebelum dihisad di hari pembalasan...

    ReplyDelete