Pengertian Fasiq, Dalil, Pembagian dan Contoh Sifat-sifat Orang Fasiq

Pengertian Fasiq.
Menurut bahasa fasiq adalah keluar dari sesuatu. Sedangkan secara istilah Fasiq adalah orang yang keluar dari ketaatan kepada Allah Swt dan rasul-Nya. Demikian pula orang munafik dan orang kafir disebut orang fasiq. Karena dua orang ini telah keluar dari ketaatan kepada Allah Swt.

2. Dalil Naqli.
Allah Swt, menjelaskan tentang fasiq termaktub pada QS. Al-Kahfi, 50;

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

Artinya : "dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam. Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, Maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunan-nya sebagai pemimpin selain daripada- Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim." (QS. Al-Kahfi : 50)

3. Pembagian Fasiq.
Pembagian ada dua di antaranya sebagai berikut ;

1) Orang yang mengerjakan dosa dengan terang-terangan, seperti mabuk di jalanan atau pergi ke tempat pelacuran atau pergi ke tempat perjudian dengan terang-terangan.

2) Orang yang mengerjakan dosa dengan sembunyi-sembunyi, tetapi diberitahukannya dengan bangga kepada beberapa orang teman-temannya, bahwa ia berbuat yang demikian, seperti sebagian orang yang meninggalkan shalat dan puasa, lalu diceritakannya kelakuannya itu kepada teman- temannya bahwa ia tidak shalat dan tidak puasa.

4. Contoh Sifat-sifat Orang Fasiq.
Contoh Sifat-sifat orang fasiq di antaranya sebagai berikut:

a. Mereka yang selalu mengingkari perjanjian kepada Allah Swt setelah perjanjian itu terjadi.

b. Mereka selalu memutuskan hubungan padahal hubungan itu supaya disambung hubungan silaturahim baik dengan keluarga sanak saudara dan orang sekitar, hubungan yang paling dekat dan yang wajib adalah silaturahim.

c. Mereka yang melakukan perbuatan keji dan penghancuran dibumi Allah Swt.

d. Mereka orang dzalim yang selalu merubah hukum Allah dalam Al-Qur'an sehingga Allah Swt menjatuhkan siksaan yang dahsyat kepadanya.

e. Ada juga sifat orang fasiq ialah yang selalu menginkari ayat-ayat Allah Swt yang telah gamblang di matanya.

f. Ada juga sifat yang lain mereka yang menganggap hukum Allah Swt itu salah dan suka memilah-milah hukum Allah Swt yang mudah dikerjakan yang sulit dan tidak cocok dengannya ditinggalkan.

g. Orang yang boros juga termasuk fasiq, kalau sudah ini yang terjadi maka Allah Swt akan menghancurkannya,

h. Kaum Luth adalah contoh orang-orang fasiq.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertia fasiq, dalil tentang fasiq, macam-macam fasiq dan conoh sifat fasiq. Semoga kita selalu di jauhkan dari sifat-sifat fasiq. Aamiin. Sumber Buku Akhlak Kementerian Agama Republik Indonesia. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment