Perilaku Orang yang Berpegang Teguh Pada Al Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw melalui perantara malaikat Jibril untuk disampaikan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Al-Qur`an adalah peta dan petunjuk kehidupan. Hidup dalam sinaran petunjuk al-Qur’an dan mematuhi ketentuan-ketentuannya merupakan kunci untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang pertama. Setiap muslim berkewajiban untuk berpegang teguh kepada hukum-hukum yang terdapat di dalamnya agar menjadi manusia yang taat kepada Allah Swt., yaitu mengikuti segala perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangnannya.

Al-Qur’an memuat berbagai pedoman dasar bagi kehidupan umat manusia. Kita sebagai seorang Muslim harus meyakini tuntunan yang berkaitan dengan keimanan/akidah, yaitu ketetapan yang berkaitan dengan iman kepada Allah Swt., Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, Hari akhir, serta Qadha dan Qadar.

Adapun perilaku orang yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur'an sebagai berikut,

1. Sebagai seseorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus memiliki budi pekerti yang luhur karena al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan akhlak, yaitu ajaran agar orang Muslim memilki budi pekerti yang baik serta etika kehidupan.

2. Sebagai seorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus melaksanakan ibadah karena al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan ibadah, yakni shalat, puasa, zakat, haji dan lain sebagainya.

3. Sebagai seorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus bergaul dengan sesama dengan baik sebab al-Qur’an berisi tuntunan yang berkaitan dengan amal perbuatan manusia dalam masyarakat.

4. Sebagai seorang muslim selalu meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah Swt setiap saat.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perilaku orang yang berpegang teguh pada Al Qur’an. Mudah-mudahan kita selalu berpegang teguh dengan Al-Qur’an serta selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Aamiin. Sumber, Al-Qur’an Hadits, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. Seharusnya seperti itu kalau alqur'an di jadikan pegangan hidup bagi kaum muslimin dan muslimah , kenyataannya meraka hanya mengumbar di duniawinya saja , karena mereka berpikir y nyata ya sekarang ini .kalau semua mengikuti penjelasan di atas saya yakin kita hidup di dunia akan damaiaman dan nyaman ,

    ReplyDelete