Perilaku untuk Menghindari Serakah, Tamak, Bakhil, Israf dan Tabzir

Secara bahasa serakah berartiselalu hendak memiliki dari yang dimiliki. Sedangkan menurut Istilah serakah adalah suatu perbuatan seseorang Tidak pernah merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Serakah dalam islam adalah sifat buruk yang dilarang islam. Serakah adalah mengambil barang yang bukan haknya, sehingga menyebabkan orang lain menderita.

Secara bahasa tamak berasal dari bahasa arab At-̣Tama' ̣ yang artnya suatu sikap yang tidak pernah merasa cukup, sehingga selalu ingin menambah apa yang seharusnya ia miliki, tanpa memperhatikan hak-hak orang lain.

Al-bakhil secara bahasa berarti menahan sesuatu yang wajib. Sedangkan menurut istilah al-bukhl adalah perbuatan seseorang menahan sesuatu yang wajib dan tamak atau rakus terhadap apa yang menjadi milik orang lain.

Menurut etiomologi/Lughowi Tabdir artinya Boros sedangkan dalam Kamus Bahasa Indonesia. Boros artinya berlebih-lebihan atau menghambur-hamburkan dalam pemakaian uang ataupun barang.

Tabdzir diantaranya ; Menghambur-hamburkan harta kekayaan. Allah SWT. menjelaskan bahwa orang yang boros itu saudara syetan. Di dunia mereka tergoda syetan sedangkan di akhirat masuk neraka.

Dengan memahami perilaku serakah, tamak, bakhil, isrāf dan tabżir, maka seharusnya kita memiliki sikap sebagai berikut:

1. Berusaha untuk bisa menerima pemberian Allah SWT., dengan hati ikhlas, tidak berontak.

2. Hindari menggantungkan harapan kepada orang. Jangan suka mengharap pemberian orang tanpa alasan, maka orang lain akan merendahkanmu.


3. Berusahalah untuk mengekalkan harta yang kamu miliki, dengan cara menggunakannya untuk kesenangan, kebahagiaan dan kesejahteraan orang lain. Hanya dengan disedekahkanlah manfaat harta akan menjadi kekal hinga di akhirat kelak.

4. Gunakan harta yang kita miliki secara seperlunya, jangan berlebih-lebihan sehingga melebihi batas kewajaran dan kepatutan menurut syariat. Karena itu belajarlah terus hingga mengetahui batas aturan syariat pada setiap yang kita lakukan.


Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perilaku orang yang serakah, tamak, bakhil, israf dan tabzir. Semoga kita di jauhkan dari serakah, tamak, bakhil, israf dan tabzir. Aamiin.
Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment