Friday, October 27, 2017

Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Al-Qur’an Hadits Objektif dan Essay Kelas 7 Mts

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Yang bukan merupakan pengertian  Al-Qu’an adalah....

a. Firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah Saw secara mutawatir sebagai pedoman hidup umat manusia
b. Sebuah kitab suci yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam dan membacanya merupakan suatu ibadah
c. Kalam Allah yang disampaikan kepada seluruh Nabi dan Rasul-Nya secara berangsur-angsur
d. Wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril

2. Dari segi bahasa, Hadist memiliki banyak arti, diantaranya....

a. Nabi, sumber dan hukum
b. Baru, ucapan dan muda
c. Jejak, langkah dan peninggalan
d. Pedoman, kitab suci dan petunjuk

3. Arti Al-Qur’an menurut bahasa adalah....

a. hukum Islam c. pedoman
b. kitab suci d. bacaan

4. Al-Qur’an memiliki banyak nama lain yang sekaligus merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain Al-Qur’an adalah Al-Dzikra, menunjukkan bahwa Al-Qur’an memiliki fungsi sebagai....

a. obat agar hati kita menjadi tenang
b. pengingat disaat kita lengah atau lupa
c. pembeda antara yang haq dan yang bathil
d. petunjuk jalan kita menuju kebahagiaan hakiki

5. Sebagaimana Al-Qur’an, Hadist pun memiliki beberapa nama lain yang juga merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain tersebut adalah sunnah, yang berarti bahwa hadist merupakan....

a. pelengkap kisah yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
b. tuntunan hidup yang dicontohkan dan bersumber dari Rasulullah Saw
c. hukum yang harus kita ikuti agar mendapat pahala, jika tidak tidak apa-apa
d. aturan dan sumber hukum terpenting dalam kehidupan kita setelah wafatnya Rasulullah Saw

6. Al-Qur’an juga memiliki nama lain ”Al-Busyro” yang berarti kabar gembira. Hal tersebut ditunjukkan dengan....

a. Kabar gembira bagi umat Islam bahwa telah hadir kitab suci yang tak lekang oleh zaman
b. ayat-ayat rahmat yang terdapat dalam Al-Qur’an yang menjanjikan surga bagi umat Islam yang bertaqwa.
c. Turunnya Nabi terakhir yang membawa kitab suci Al-Qur’an yang sudah lama disebut dalam kitab suci injil
d. Adanya orang yang berbuat  baik, selain mereka yang banyak berbuat kemungkaran sehingga Islam tetap terjaga

7. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwasannya sholat diwajibkan pada waktu-waktu yang telah ditentukan, adapun waktu-waktu sholat lebih terperinci diterangkan dalam hadist, hal tersebut menunjukkan bahwa hadist memiliki fungsi penting terhadap Al-Qur’an yaitu....

a. Membatasi keumuman Al-Qur’an
b. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat global
c. Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
d. Sebagai pengukuh hukum yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an

8. Liburan sekolah merupakan hal yang membosankan bagi Neyla, karena ia tidak dapat bertemu dengan teman-temannya. Di rumah ia hanya berteman dengan pembantunya, sedangkan ayah dan ibunya sibuk dengan pekerjaannya yang menyita seluruh waktunya. Sebagai anak yang dapat memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan pribadinya, Neyla seharusnya….

a. Mengajak pembantunya untuk membaca Al-Qur’an setiap saat
b. Mengingatkan ayah dan ibunya untuk tidak terlalu sibuk dalam urusan duniawi
c. Memanfaatkan waktu luang dan fasilitas yang dimiliki untuk menambah kemampuan diri yang positif
d. Menikmati waktu luang dan segala fasilitasnya dengan santai dan mengundang teman-temannya untuk pesta

9. Perhatikan hal-hal berikut!

1. Menjaga nama baik negara kita
2. Memiliki bendera negara kita dan memasangnya setiap hari
3. Senantiasa berbuat baik hanya kepada seluruh warga Negara RI
4. Menyuruh segenap warga Negara RI untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an
5. Ikut berpartisipasi semaksimal mungkin dalam membangun kemajuan bangsa
6. Menjadi warga Negara yang baik dengan tetap berpegang teguh kepada ajaran Islam

Pada pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan perilaku memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan bernegara, ditunjukkan pada nomor….

a. 1, 5 dan 6
b. 1, 2 dan 3
c. 2, 3 dan 4
d. 4, 5 dan 6

10. Banyak sekali cara kita untuk dapat mencintai Al-Qur’an, diantaranya dengan cara….

a. Menghafalkan sebagian ayat-ayatnya dengan senang
b. Menyimpannya ditempat yang aman dan terkunci
c. Membawanya ke tempat tidur kita setiap malam
d. Menciuminya setiap saat

11. Selain Al-Qur’an, kita juga seharusnya mencintai Al-Hadist sebagai pedoman hidup kedua. Bukti kecintaan tersebut bisa ditunjukkan dengan cara….

a. Mempelajari maknanya
b. Mengabaikan isi kandungannya
c. Menjadikannya sumber hukum utama
d. Membacanya dengan tartil sebagaimana Al-Qur’an

12. Maraknya hiburan dari dalam dan manca negara, menjadikan para pemuda kita jauh dari kitab suci yang seharusnya sering dibacanya. Salah satu cara menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap Al-Qur’an yaitu dengan cara….

a. Tidak mempelajari pelajaran lain selain Al-Qur’an
b. Selalu  membawanya ke tempat hiburan yang kita sukai
c. Mempelajari Al-Qur’an dan mengaitkannya dengan sains
d. Tidak menyaksikan tayangan televisi  selain acara Al-Qur’an

13. Perhatikan ungkapan beberapa anak berikut!

Ardi         = “Yes..! sudah bel masuk kelas, berarti ngaji kita berakhir. Lega..”
Firman = “Aduh, ngaji lagi..ngaji lagi.  Kalo gini terus kan jadi ngantuk.”
Dwi         = “Ndak papa lah, meskipun sebentar, tapi kita punya kesempatan baca Al-Qur’an.”
Ais         = “tau kalo nganggur gini, mending tadi bawa Juz Amma, kan bisa nambah hafalan kita”
Ilham = “lihat tuh, si Aly kayak orang alim aja, bawa Al-Qur’an kemana-mana”

Bukti kecintaan kepada Al-Quran, salah satunya ditunjukkan dengan ungkapan….

a. Ardi dan Ilham c. Firman dan Ais
b. Dwi dan Ais d. Ardi dan Firman

14. Perhatikan beberapa cerita berikut!
1. Arman mempunyai kebiasaan makan sambil jalan, menurutnya hal itu sangat menyenangkan dilakukan saat pulang sekolah bersama teman-temannya untuk menjaga kebersamaan
2. Di sekolah Fatma diajar  ilmu Hadist, namun ia tidak menyukai pelajaran tersebut karena ia merasa tidak membutuhkannya saat itu.
3. Adnan berniat menghafal hadist yang berkaitan dengan kesehariannya agar ia dapat mengamalkan isinya sesuai tuntunan Rasulullah Saw
4. Karena hadist jumlahnya ribuan dan tidak mungkin menghafalkan semua  maka Tasya merasa keberatan untuk mempelajarinya di kelas
Dari beberapa kasus di atas, perilaku seeorang yang menjaga hadist ditunjukkan dengan kisah nomor…

a. 1 b. 2 c. 3 d. 4

15. Jika seorang pelajar dapat menggunakan Al-Qur’an dan hadist dalam kesehariannya, pastilah ia mempunyai akhlak yang terpuji baik terhadap guru maupun teman-temannya.  di bawah ini perilaku tersebut ditunjukkan oleh….

a. Sasa yang tidak pernah terlambat mengumpulkan tugas dari gurunya
b. Dodo yang tidak pernah menunjukkan sikap santun kepada bapak dan ibu gurunya
c. Ardian yang hampir setiap minggu melupakan kewajibannya untuk piket kebersihan kelas
d. Firman yang seringkali membantu teman-temannya untuk mengerjakan soal saat ujian berlangsung

16. Perhatikan percakapan berikut!
Azka   :”Hai, semua….gimana nih acara weekend kita? Jadi kan ke rumahku, tak usah khawatir… mamaku udah ngizinin kok.”

Aldian : “aduh, gimana ya…aku sih sebenarnya kepingin, tapi ibuku ada banyak kerjaan saat itu, gimana aku izinnya?.”

Azka   :”alaah..gampang, kamu kan bisa bilang ke ibumu bahwa kita akan mengerjakan tugas sekolah, beres kan?”

Remo  :”Wah, jangan Di… mendingan kamu ndak usah ikut untuk yang kali ini, kasian ibu kamu, lagian cuman nge game gini aja”

Azka   :” eeh jangan meremehkan ya?! Dijamin kalian bakal rugi ndak mainin game baruku ini…made in Hongkong man….”

Remo  :”yaaa…tergantung Aldi lah, mau ikut atau tidak, yang penting….aku kasih saran agar tidak usah ikutan main, mending di rumah aja siapa tahu ibunya butuh bantuannya.”

Dalam percakapan tersebut perilaku yang sesuai dengan ajaran Hadist adalah perilaku….

a. Azka, karena ia ingin menyenangkan hati temannya walau dengan cara apapun
b. Semuanya, karena sudah merencanakan acara sedemikian rupa
c. Remo, karena mengingatkan temannya agar tidak salah melangkah
d. Aldi, karena selalu bingung dengan apa yang mesti dilakukannya

17. Kinan sangat kesal karena adiknya,Vira,  sering mengambil tasnya tanpa izin. Kinan mencoba bersabar tapi adiknya tidak juga sadar atas kelakuannya. Hal yang mesti dilakukan Kinan untuk bisa menggunakan Al-Qur’an dan Hadist  dalam kehidupan keluarga adalah....
a. Memarahinya dan memberinya pelajaran
b. Melaporkan hal tersebut kepada orang tuanya agar dimarahi
c. Mengajaknya bicara baik-baik dan mengingatkan kesalahannya
d. Menasehatinya agar membeli tas sendiri dan jangan pernah meminjam lagi

18. “yaitu jalan orang yang Engkau beri nikmat atas mereka” merupakan terjemahan dari ayat....

a.   اهدنا الصراط المستقيم 
b. غير المغضوب عليهم
c. صراط الذين أنعمت عليهم
d.   غير المغضوب عليهم و لا الضالين

19. إياك نعبد و إياك نستعين
Arti kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut di atas adalah....

a. Kami menyembah
b. Kami menyembahMu
c. Kami mohon pertolongan
d. Hanya kepadaMu kami mohon pertolongan

20. “dari kejahatan bisikan setan yang bersembunyi” merupakan terjemahn dari ayat….

a. مِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

b. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
c. الذي يوسوس في صدور الناس
d. مِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ

21. إِلَٰهِ النَّاسِ
Makna ayat di atas adalah....
a. Allah lah satu-satunya yang wajib dimintai pertolongan
b. Hanya Allah lah yang wajib disembah dan tempat mengabdi
c. Kepada Allah lah Jin dan manusia minta pertolongan dan perlindungan
d. Manusia tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa Allah yang mengatur urusannya

22. “dan dari kejahatan kegelapan malam apabila ia telah gelap” adalah terjemahan dari

a. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
b. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
c. ِمِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
d. وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ

23. “Allah tempat bergantung segala sesuatu”  merupakan terjemahan dari....

a. QS. Al-Naas 3
b. QS. Al-Fatihah 4
c. QS. Al-Ikhlas 2
d. QS. Al-Falaq 4

24. Manakah diantara pasangan ayat dan penjelasannya berikut yang sesuai?
















25. Berikut ini ayat yang menunjukkan keesaan Allah adalah….

a. و من شر النفاثات في العقد
b. صراط الذين أنعمت عليهم
c. ولم يكن له كفوا أحد
d. من شر الوسواس الخناس

26. Perilaku penyimpangan tauhid dapat dilihat dari contoh kasus....

a. Arman selalu berdoa di makam leluhurnya menjelang Ujian Akhir Semester untuk meminta agar dimudahkan dalam mengerjakan soal.
b. Karin meminta maaf kepada seluruh bapak dan ibu gurunya setiap akhir semester dan memohon agar beliau mendoakan untuk kesuksesannya.
c. Niluh senang mengunjungi panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dengan memberikan sebagian harta yang dimilikinya.
d. Raka tidak ingin mempercayai ramalan apapun, karena ia tahu bahwa hal tersebut merupakan perbuatan syirik

27. Hasidah kesal dan galau  melihat  Adina, teman sekelasnya tersebut mendapat perhatian para guru karena hasil ulangannya yang selalu mendapat nilai tertinggi, akhirnya ia berusaha menghembuskan info tak sedap dikalangan teman-teman lainnya mengenai Adina. Adina tidak mempedulikannya karena baginya cukup Allah yang bisa melindunginya dari isu tersebut. perilaku Adina sesuai dengan penerapan….

a. QS. Al-Fatihah ayat 1
b. QS. An-Naas ayat 4
c. QS. Al-Falaq ayat 5
d. QS. Al-Ikhlas ayat 3

28. ”Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir ”firman Allah dalam QS.Qaaf ayat 18 tersebut sesuai dengan potongan hadist....

a.  حَتَّى يَكُوْنُ هَوَاهُ تَبَعًا c. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِه
b.  ليس عليه أمرنا فهو ردّ d. من عمل عملا

29. لا يؤمن أحدكم ....
Kata untuk melengkapi hadist tersebut adalah....

a.حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
b.  بالله وملائكته وكتبه ورسله
c. وقول باللسان
d.  فهو رد 

30. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِهِ ....  وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
a.  وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
b.  وَرُسُلِهِ وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
c.  وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر وَرُسُلِهِ
d. وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر

31.  وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
Arti potongan hadist  tersebut di atas adalah....

a. Beriman kepada qadha dan qadar
b. Beriman kepada taqdir baik bukan taqdir yang buruk
c. Dan hendaknya kamu percaya kepada taqdir baik dan buruk
d. Percayalah kamu kepada taqdir baik dan buruk dari Allah Swt

32. حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
Kata yang bergaris bawah pada potongan hadist tersebut bermakna....

a. mengikuti
b. hawa nafsunya
c. ajaran  yang aku bawa
d. mengikuti ajaran

33. فإن الله لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له
Yang merupakan makna potongan hadist di atas adalah....

a. Jangan lupa untuk ikhlas dalam beramal setiap saat
b. Allah menyukai orang yang beramal dengan ikhlas
c. Allah tidak menerima perbuatan seseorang tanpa disertai keikhlasan
d. Allah tidak mewajibkan seseorang untuk beramal tanpa keikhlasan

34. Syarifa seorang pelajar yang sedang menghadapi masalah kepercayaan diri, ia merasa dirinya tidak disukai teman-temannya, padahal ia sudah berusaha berbuat dan berperilaku baik dengan siapapun. Akhirnya ia merasa Allah Swt tidak adil padanya. Hal tersebut merupakan tindakan yang....

a. Dapat melemahkan iman
b. Tidak mempercayai Allah
c. Dapat meningkatkan ketaqwaan
d. sesuai dengan ciri orang yang beriman

35. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Melaksanakan sholat karena Allah semata
2. Membaca Al-Qur’an dengan merenungkan maknanya
3. Bersedekah dengan tanpa pamrih
4. Melaksanakan sholat dhuha karena peraturan sekolah
5. Berpuasa ramadhan 30 hari penuh.

Dari pernyataan di atas yang merupakan indikator ibadah yang diterima Allah adalah pernyataan nomor....

a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 5 d. 4 dan 5

36. Seseorang yang benar-benar beriman akan dapat mengaplikasikan keimanannya dalam perbuatannya, hal tersebut dapat dicontohkan dalam perilaku seseorang yang….

a. malu dalam hal kebaikan
b. mengingat Allah saat dalam sholat saja
c. senantiasa malu untuk berbuat dosa dan maksiat
d. melaksanakan kewajibannya jika tidak mengganggu urusan pribadinya

37. Riska selalu melaksanakan sholat  shubuh dua kali setiap pagi, karena ia menginginkan pahala yang lebih. Hal tersebut merupakan….

a. Perbuatan yang sia-sia menghabiskan tenaga
b. Keputusan tepat untuk menambah tabungan akhirat kita
c. Amal yang tidak ada tuntunannya dan tidak diterima Allah
d. Amal yang disukai Allah Swt karena menambah kualitas ibadah kepadaNya

38. Perhatikan kisah berikut!
1. Fahry mengaku beriman kepada Allah dan para Rasul Nya, ia pun mengaku sangat mencintai keduanya. Namun perilakunya jauh dari perilaku yang dicontohkan Nabi dan ia seperti tidak merasa bahwa Allah selalu mengamati perilakunya.

2. Indra pelajar MTs yang sangat aktif, selain organisasi ia juga tergolong siswa yang memiliki prestasi akademik yang gemilang. Namun, yang paling membanggakan orang tuanya adalah bahwa ia sangat rajin melaksanakan kewajibannya kepada Allah Swt.

3. Imelda percaya dengan kemampuan dirinya untuk meraih nilai tertinggi, maka ia tidak peduli dengan saran orang tuanya untuk menjaga kesehatannya dan tidak lupa berdoa memohon pertolongan Allah Swt agar semua sesuai dengan harapannya.

4. Bagi Rama, music adalah jiwanya. Sehingga ia tidak akan bisa belajar tanpa mendengarnya, tidak bisa merasakan lezatnya makanan tanpa ada music di dekatnya, bahkan di saat sholatpun, seakan ia mendengarkan alunan music dalam hatinya.

Perilaku seseorang yang kurang memperhatikan kualitas keimanannya ditunjukkan pada kisah….

a. Indra c. Rama dan Indra
b. Fahry dan Imelda d. Fahry, Imelda dan Rama

39. Ada ibadah mahdoh ada juga ibadah ghoiru mahdoh. Keduanya merupakan sarana kita mendapatkan poin pahala dan ridho Allah Swt.  Contoh dari ibadah ghoiru mahdhoh adalah….

a. berkata sopan dengan teman dan guru
b. melaksanakan sholat jamaah di sekolah
c. melaksanakan puasa senin dan kamis
d. menunaikan zakat fitrah

40. Banyak sekali perbuatan sia-sia, hal tersebut dikarenakan….

a. Tidak tepat waktu melaksanakannya
b. Didasari dengan keimanan kepada Allah Swt
c. Sering dilakukan dengan mengharap pahala dari Allah Swt
d. lupa meluruskan niat bahwa yang kita lakukan semata-mata karena Allah Swt.

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Diantara fungsi Hadist terhadap Al-Qur’an adalah mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam Al-qur’an. Jelaskan maksudnya dan lengkapi dengan contoh!

2. Sosial Network menjadi tren di era digital ini baik dikalangan elit, menengah atas bahkan dikalangan bawah, tak terkecuali pula para pelajar. Namun sangat disayangkan jika para pelajar itu terutama pelajar muslim yang akhirnya meninggalkan nilai-nilai religinya demi kesenangan di dunia maya tersebut. Sebutkan 3 contoh perilaku pelajar yang tidak menggunakan Al-Qur’an dan Hadits dalam berteknologi!

3. Berilah 3 contoh kasus penyimpangan tauhid yang terjadi di lingkunganmu!

4. Susunlah potongan hadist berikut dengan benar dan terjemahkan!
أعمالكم – فإن الله – الأعمال – اخلصوا- ما – خلص له – لله – لا يقبل – من 

5. Sebutkan  3 hal yang harus kita lakukan setelah memahami isi kandungan QS. Al-Ikhlas!
 Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin

No comments:

Post a Comment