Friday, November 10, 2017

Cara Mandi Wajib yang Benar


Ada beberapa penyebab yang setelah nya kita harus segera melakukan mandi wajib atau mandi junub, salah satu contohnya karena berhubungan suami istri. Oleh karena hukumnya adalah wajib maka sudah seharusnya kita mengetahui cara mandi wajib yang benar.

Pada dasarnya mandi wajib atau mandi junub sangat mudah sekali syaratnya, yaitu niat dan membasahi seluruh tubuh tanpa kecuali. Namun, disamping itu tentu saja ada tata cara yang sunnah, sehingga mandi wajib tersebut lebih sempurna. 

Tata cara mandi wajib yang benar adalah sebagai berikut:

1. Niat.
Ingat niat tidak harus selalu dilafazkan, niat adalah sesuatu yang tertanam dalam hati kita untuk melakukannya dan karena Allah Subhanawata'ala. Namun, jika kita lupa berniat diawal mandi, maka mandi wajib yang kita lakukan tidak sah.

2. Membasuh kedua telapak tangan 3 kali.
3. Membasuh wajah 3 kali.
4. Membasuh kemaluan, tidak cukup dengan 3 kali namun dicuci hingga bersih.
5. Wudhu sempurna, sebagaimana layaknya wudhu ketika akan sholat.
Mengenai wudhu, ada beberapa pendapat bahwa bagian ni boleh dilewatkan dan cukup wudhu diakhir mandi yang sekaligus diniatkan untuk wudhu sholat.

6. Membasuh bagian kepala sebelah kanan.
Yaitu dengan cara mengambil air dengan jari ataupun telapak tangan kanan, kemudian mengusapkannya ke bagian rambut sebelah kanan hingga terasa air nya di kulit kepala.

7. Menyiram sisi kanan tubuh sebelah kanan sebanyak 3 kali.
8. Lanjutkan seperti mandi biasa dengan menggunakan sabun ataupun shampo.

Demikian cara mandi wajib yang benar, mudah-mudahan kita dapat mengamalkannya. Terimakasih sudah membaca.

No comments:

Post a Comment