Saturday, January 13, 2018

Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Tua

Bagi orang yang lebih muda, menghormati orang yang lebih tua merupakan suatu kewajiban, karena pada dasarnya orang yang lebih tua telah berjasa mewariskan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi perkembangan generasi selanjutnya. Karena kemajuan suatu generasi adalah berkat apa yang pernah dicapai oleh generasi sebelumnya.

Ajaran agama Islam menjelaskan, menghormati orang yang lebih tua usianya merupakan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah Swt. Artinya Allah Swt memberikan pahala yang besar kepada orang muda yang berlaku hormat kepada orang yang lebih tua usianya.

Orang-orang yang lebih tua dari kita yang paling dekat dan yang paling berhak diutamakan untuk dihormati adalah kedua orang tua kita. Kepada kedua orang tua kita, Allah Swt tidak hanya memerintah kita untuk berbuat baik, tetapi juga memerintahkan kita untuk menghormati dan berbakti kepada mereka.

Hal tersebut berdasarkan firman Allah SWT. di Surat Al-Isra’ ayat 23-24:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia."

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS. Al Isra’ : 23-24)

Adapun adab bergaul dengan orang yang lebih tua adalah sebagai berikut ;

a. Sikap hormat dan sopan santun dimana berada.

b. Sikap rendah hati.

c. Sikap tolong-menolong dalam kebaikan dan jangan bertolong menolong dalam hal kejahatan.

d. Berkata jujur dan mulia serta tidak menyakiti hati.

e. Berbicara dengan baik apabila tidak bisa lebih baik diam

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang adab bergaul dengan orang yang lebih tua. Sumber Buku Akhlak Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment