Monday, March 26, 2018

Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10 Tentang Ukhuwah (Persaudaraan)

Ukhuwah (persaudaraan) dalam Islam dimaksudkan bukan sebatas hubungan kekerabatan karena faktor keturunan, tetapi yang dimaksud dengan persaudaraan dalam Islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt.). Kedua persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah Saw., yaitu mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang tidak seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka

A. Lafal Bacaan Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10 dan Artinya.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Innamaa lmu'minuuna ikhwatun fa-ashlihuu bayna akhawaykum wattaquu laaha la'allakum turhamuun

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. al-Hujurat : 10).

B. Isi Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10 Tentang Persaudaraan (Ukhuwah)
Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara. Persaudaraan (ukhuwah) diantara sesama mukmin adalah persaudaraan yang dilandasi oleh persamaan aqidah dan keimanan kepada Allah Swt. Persaudaraan yang didasari oleh nilai-nilai Islam dikenal dengan istilah ukhuwah islāmiyyah. Ukhuwah islamiyyah mencakup :

1. Ukhuwah Diniyyah, yaitu persaudaraan yang didasari oleh persamaan agama. Persaudaraan seagama dan seiman inilah yang dimaksud oleh QS. Al-Hujurat ayat 10.

2. Ukhuwah Wataniyyah wa an-nasab, yaitu persaudaraan karena satu bangsa dan keterikatan keturunan.

3. Ukhuwah Insaniyyah atau Basyariyyah, yaitu persaudaraan karena sama-sama manusia.

Ukhuwah Diniyyah akan memperkokoh tegaknya kehidupan masyarakat yang aman dan tenteram. Ukhuwah akan memunculkan solidaritas dan timbulnya kepedulian sosial di masyarakat. Sebagai sesama mukmin, kita harus mampu menjaga martabat dan kehormatan sesama mukmin. QS. Al-Hujurat ayat 10 menghendaki ukhuwah kaum mukmin harus benar-benar kuat, lebih kuat dari persahabatan dan pertemanan biasa. Kita laksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Dari Abu Musa al-Asy’ari, ia berkata; Rasulullah Saw bersabda: “Antara seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya adalah bagaikan satu bangunan, yang saling menguatkan satu sama lainnya” (HR. at-Tirmizi).

Persaudaraan akan menjadikan kehidupan yang harmonis, diliputi rasa saling mencintai, saling menjaga perdamaian dan persatuan. Jika terjadi perselisihan diantara mereka, maka Allah Swt memerintahkan untuk mendamaikan keduanya dengan mencari solusi sesuai syariat Allah Swt dan rasul-Nya. Perselisihan diantara kaum muslim tidak menyebabkan salah satunya keluar dari Islam, mereka tetap bersaudara. Mereka harus didamaikan (islah) dengan cara-cara yang Islami.

C. Menerapkan Persaudaraan (Ukhuwah).
Untuk meraih hidup bahagia persaudaraan (ukhuwah) sesama mukmin akan bisa terjaga dan tumbuh dengan melakukan hal-hal dibawah ini :

1. Saling mencintai sesama mukmin karena Allah Swt semata.
2. Menghargai perbedaan pendapat dan pandangan.
3. Membantu seorang mukmin yang mengalami kesulitan.
4. Melaksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang isi kandungan Al-Qur'an surat Al-Hujurat ayat 10 tentang ukhuwah (persaudaraan). Sumber Buku Al Qur'an Hadits Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment