Jumat, 06 April 2018

Kitab Hadis | Pengertian Kitab al-Jami’ dan Contoh Kitab al-Jami’

A. Pengertian Kitab al-Jami’.
Kata al-Jami’ secara etimologi berarti menghimpun, mengumpulkan, dan mencakup. Boleh jadi kata al-Jami’ dimaksudkan kitab yang mencakup, menghimpun atau mengumpulkan segala permasalahan. Secara terminologi diartikan:

“Al-Jami’ adalah kitab hadis yang memuat seluruh bab-bab hadis meliputi 8 masalah yaitu masalah akidah (aqa’id), hukum (Fikih), perbudakan (riqaq), adab makan minum, tafsir, sejarah dan riwayat hidup, sifat-sifat akhlak (syama’il), berbagai fitnah (fitan), dan kisah-kisah (manaqib).”

Buku hadis al-Jami’ adalah ragam pembukuan hadis yang paling lengkap, karena ia mencakup segala permasalahan sebagaimana di atas, tidak hanya terfokus satu masalah saja. Segala aspek agama dan segala aspek kehidupan manusia dimuat dalam kitab ersebut. Kelebihan kitab ini adalah sangat jelas, karena memiliki daya tampung yang sangat luas terhadap berbagai topik. Hadis dapat dicari berdasarkan tema yang melingkupinya. Misalnya jika ingin mencari hadis tentang shalat, tinggal membuka bab shalat.

B. Contoh Kitab al-Jami’
Contoh kitab al- Jami’ sebagai berikut :

1. al-Jami` li al-Imam `Abd al-Razzaq bin Hammam as-San`ani karya al-San’ani (w. 211 H.)
2. al-Jami` as-Sahih li al-Bukhari karya Imam al-Bukhari (w. 206 H.)
3. al-Jami` as-Sahih li Muslim karya Imam Muslim (w. 261 H)
4. al-Jami` al-Tirmuzi karya at-Tirmizi (w. 279 H)

Kualitas kitab al-Jami’ karya Imam al-Bukhari dan Muslim disepakati oleh para ulama sahih seluruhnya sebagaimana disebutkan pada nama kitab tersebut yang menyebutkan kata as-Sahih di dalamnya; al-Jami` al-Sahih li al- Bukhri dan al-Jami` al-Sahih li al Bukhari. Menurut penulisnya seluruh hadis yang terkandung di dalamnya berkualitas sahih seluruhnya.

Sedang kitab al-Jami` li al-Imam `Abd al-Razzaq bin Hammam al San`ani (w. 211 H), dan Jami`al-Turmuzi sekalipun disebut kitab al-Jami’, namun kualitasnya sama dengan kitab Sunan yakni ada yang shahih, hasan, dan dha`if.

Dengan demikian nama al-Jami’ tidak menunjukkan kualitas hadis yang dikandung. Ia hanya menunjukkan bahwa kitab tersebut memuat segala hadis yang mencakup segala permasalahan sebanyak 8 masalah.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian kitab al-jami’ dan contoh kitab al-jami’. Sumber buku Siswa Hadits Ilmu Hadits Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.