Saturday, April 7, 2018

Kitab Hadis | Pengertian Kitab al-Mu’jam dan Contoh Kitab al-Mu’jam

A. Pengertian Kitab al-Mu’jam.
Kata Mu`jam, secara etimologi pada awalnya diartikan sesuatu yang tidak jelas atau sesuatu yang terkunci, kemudian diartikan semacam kamus yang berfungsi memperjelas arti kalimat yang tidak jelas tersebut. Kitab Mu’jam dalam terminologi studi hadis adalah:

“Mu’jam adalah buku yang menyebutkan hadis-hadis nya didasarkan pada nama sahabat atau nama syaikhnya atau didasarkan pada nama negeri gurunya pada umumnya secara abjadi atau hija’i (sesuai dengan urutan huruf hija’iyah) .”

B.  Contoh Kitab al-Mu’jam.
Berikut ini adalah di antaranya contoh kitab mu’jam:

1. Al-Mu`jam al-Kabir, karya Abu al-Qasim Sulaiman Ibn Ahmad at-Tabarani (w. 360 H). Kitab ini ditulis dalam bentuk musnad mu`jami (alfabetis), dengan tidak menyertakan hadis-hadis Abu Hurairah yang ditulisnya secara terpisah. Kitab ini memuat sekitar enam puluh ribu hadis, dan merupakan kitab mu`jam terbesar di dunia. Ketika dalam sebuah karya tulis disebut “mu`jam”, maka yang dimaksud adalah kitab “Mu`jam al-Kabir” ini.

2. Al-Mu`jam al-Ausat, karya at-Tabarani juga. Kitab ini ditulis secara alfabetis berdasarkan nama-nama guru dari para penutur hadis. Di dalamnya dimuat lebih kurang dua ribu nama guru hadis, bahkan ada yang menghitungnya sampai tiga ribu nama.

3. Al-Mu`jam as-Sagir, masih kerja pena at-Tabarani. Kitab ini merupakan ringkasan dari kitab al-Mu`jam al-Awsat, di mana sekitar seribu nama guru hadis saja yang dimuat. Tidak berhenti sampai pada pengurangan pencantuman nama-nama guru, dalam buku ini, secara umum dari tiapa- tiap guru hadis hanya ditulis satu hadis saja.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian kitab al-Mu’jam dan contoh kitab al-Mu’jam. Sumber buku Siswa Hadits Ilmu Hadits Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment