Tuesday, April 24, 2018

Pengertian Dajjal, Ciri-Ciri Dajjal dan Sifat Dajjal

A. Pengertian Dajjal.
Kata Dajjal berasal dari kata dajala, artinya, menutupi (sesuatu).Kamus Lisanul ’Arab mengemukakan beberapa pendapat mengapa disebut Dajjal.

1. Disebut Dajjal karena ia adalah pembohong yang menutupi kebenaran dengan kepalsuan.
2. Disebut Dajjal karena menutupi bumi dengan bilangannya yang besar.
3. Disebut Dajjal karena ia menutupi manusia dengan kekafiran.
4. Disebut Dajjal karena ia tersebar dan menutupi seluruh muka bumi.

Dajjal adalah kata Arab yang lazim digunakan untuk istilah nabi palsu . Namun istilah Dajjal, merujuk pada sosok “Penyamar” atau “Pembohong” yang muncul menjelang kiamat. Istilahnya adalah al-Masih Ad-Dajjal adalah terjemahan dari istilah SuryaniMeshiha Deghala yang telah menjadi kosa kata umum dari Timur Tengah selama lebih dari 400 tahun sebelum al-Qur’an diturunkan.

Disebutkan oleh al-Imam al-Qurthubi kitab At-Tadzkirah bahwa lafadz Dajjal di antaranya bermakna: Kadzdzab (tukang dusta), Mumawwih (yang menipu manusia). Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dalam kitab Syarah Lum’atul I’tiqad, mengatakan: “Dikatakan demikian karena dia adalah manusia yang paling besar penipuannya.”

Dikatakan juga bahwa Dajjal adalah “Seorang laki-laki pendusta (penipu) yang keluar di akhir zaman mengaku sebagai Rabb.”

B. Ciri-ciri Dajjal dan Sifat Dajjal.
Dajjal tidak disebut dalam al-Qur’an, tetapi terdapat dalam hadis dan Sunah yang menguraikan sifat-sifat Dajjal. Berdasarkan kepercayaan yang telah umum dalam kalangan muslim, karakteristik Dajjal adalah sebagai berikut:

1. Dajjal memiliki cacat fisik berupa mata kiri yang buta, dan mata kanan yang dapat melihat tetapi berwarna gelap (hitam). Dalam beberapa hadis menjelaskan ia hanya memiliki sebuah mata. Ia akan menunggangi keledai putih yang satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya. Keledai tersebut memakan api dan menghembus asap, dapat terbang di atas daratan dan menyeberangi lautan.

2. Dajjal seorang pemuda posturnya gemuk, kulitnya kemerah-merahan, berambut keriting, matanya sebelah kanan buta, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tidak bersinar). Dia akan menipu para umat muslim dengan mengajari mereka tentang surga, tapi ajaran tersebut adalah sebaliknya (Neraka).

Dari Huzaifah bersabda Rasulullah Saw:

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالُ أَعْوَرُ الْعَيْنِ الْيُسْرَى جُفَالُ الشَّعَرِ مَعَهُ جَنَّةٌ وَنَارٌ فَنَارُهُ جَنَّةٌ وَجَنَّتُهُ نَارٌ

"Dajjal matanya buta sebelah, cacat mata kirinya, tebal rambutnya, dia memilki surga dan neraka”. Surganya adalah neraka Allah,dan nerakanya adalah surga Allah." (HR. Muslim)

3. Huruf Arab Kaf Faa Raa (kafir, bermakna kufur) akan muncul pada dahinya dan akan mudah dilihat oleh muslim yang bisa membaca maupun yang buta huruf.

Dari Annas berkata Rasulullah Saw:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الْأَعْوَرَ الْكَذَّابَ أَلَا إِنَّهُ أَعْوَرُ وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ 

"Tidaklah seorang Nabi pun diutus selain telah memperingatkan kaumnya terhadap yang buta sebelah dan pendusta, ketahuilah bahwasanya dajjal itu buta sebelah, sedang rabb kalian tidak buta sebelah, tertulis diantara kedua matanya KAFIR." (HR. Bukhari)

4. Dia akan menyatakan dirinya adalah Tuhan dan akan menipu manusia dalam berpikir.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian dajjal, ciri-ciri dajjal dan sifat dajjal. Sumber buku Ilmu Kalam Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment