Friday, April 20, 2018

Pengertian Khiyar dan Macam-macam Khiyar

A. Pengertian Khiyar.
Khiyar menurut bahasa artinya memilih yang terbaik, sedangkan menurut istilah khiyar ialah : memilih antara melangsungkan akad jual beli atau membatalkan atas dasar pertimbangan yang matang dari pihak penjual dan pembeli.

B. Jenis-jenis Khiyar.
Khiyar ada 3 macam, yaitu :

a. Khiyar Majlis.
Artinya memilih untuk melangsungkan atau membatalkan akad jual beli sebelum keduanya berpisah dari tempat akad. Sabda Rasulullah saw. :

الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا

“Dua orang yang berjual beli boleh memilih (meneruskan atau mengurungkan) jual belinya selama keduanya belum berpisah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

b. Khiyar Syarat.
Yaitu khiyar yang dijadikan syarat waktu akad jual beli, artinya si pembeli atau si penjual boleh memilih antara meneruskan atau mengurungkan jual belinya selama persyaratan itu belum dibatalkan setelah mempertimbangkan dalam dua atau tiga hari.

Khiyar syarat paling lama tiga hari. Sabda Nabi Saw. :

“Engkau boleh melakukan khiyar pada segala barang yang telah engkau beli selama tiga hari tiga malam.” (Al-Baihaqi dari Ibnu Majah).

c. Khiyar Aibi.
Yaitu memilih melangsungkan akad jual beli atau mengurungkannya bilamana terdapat bukti cacat pada barang. Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan dari Uqbah bin Amir Ra., ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesama muslim itu bersaudara, tidak halal bagi seorang muslim menjual barangnya kepada muslim lain, padahal pada barang tersebut terdapat aib/cacat melainkan dia harus menjelaskan (aib/cacat)nya itu”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian khiyar dan macam-macam khiyar. Sumber buku Fikih Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Post a Comment