Sunday, January 31, 2016

Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Kulit


Sungguh di balik perintah untuk berhijab, ada banyak kebaikan dan manfaat yang terkandung, bukan hanya sekedar menutup aurat. Perintah untuk berhijab bukan untuk mempersulit kaum wanita dalam berpakaian.  Akan tetapi untuk memuliakan kaum wanita itu sendiri. Apalagi wanita sangat mulia dalam pandangan Islam.

Berbicara mengenai hijab, masih saja ditemukan bahwa sebagian wanita yang menggunakan jilbab hanya sekedar disuruh atau diwajibkan oleh orang tua, tempat belajar atau tempat kerja. Tetapi jika keluar dari aturan itu tersebut, maka lepas pula jilbab yang menutupi kepalanya. Sebagian lagi, wanita memakai jilbab hanya terkesan untuk gaya. Sehingga jilbab yang dipakai tidak seperti apa yang diperintahkan dalam agama.

Bagi kaum wanita disyariatkan menutup auratnya pada seluruh bagian tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Hal ini menjadikan besarnya manfaat yang bisa didapatkan dari perintah menutup aurat. Perintah menutup aurat sudah tertera dalam firman Allah Swt. dalam Al-Qur’an,

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

...... وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ
“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya), kecuali yang (bisa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka atau atau ayah suami mereka atau putra-putra mereka,...” (Q.S An-Nur : 31)

Namun perlu kita ketahui, selain menutup tubuh dan kepala, menutup aurat yang disyaratkan bagi bagi wanita muslimah, ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan kulit. Terdapat beberapa manfaat yang sering kali diremehkan oleh kaum wanita itu sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut,

1. Menutup aurat dengan berhijab adalah menghindari penyakit kanker kulit., sel dasar dan sel kanker squaous biasanya menyerang manusia melalui penyinaran, zat-zat kimia dan lainnya. Sehingga, terjadilah timor-tumor kulit yang terbentuk akibat kekacauan di dalam sel-sel kulit.

Melalui penyinaran di sini adalah dengan penyinaran sinar mata hari. Kita ketahui, bahwa sinar matahari mengandung sinar ultra violet (UV) yang berbahaya bagi tubuh kita. Oleh sebab itulah banyak pakar dokter kulit yang menyarankan untuk keluar rumah pada siang hari menggunakan krim pelindung kulit, atau pun penutup kepala.

Disinilah peran hijab dalam melindungi tubuh dari sinar UV. Menurut Dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK seorang peneliti dari humas dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bahwa penggunaan hijab dalam melindungi tubuh dari sinar UV ini menjadi pelindung ampuh dalam menghalangi penyinaran matahari secara langsung pada bagian kepala, wajah, dada, tangan dan bagian tubuh lainnya. Namun tidak sekedar menggunakan hijab atau pakaian tertutup saja. Pasalnya, penggunaan hijab dan pakaian tertutup yang tidak tembus pandang dan tidak ketatlah yang menjadi pertahan yang paling jitu dalam melindungi tubu dari sinar UV.

2. Manfaat lain pengunaan hijab adalah melindungi tubuh dari sunburn atau yang bisa kita kenal terbakarnya kulit akibat sinar matahari. Sunburn ini lebih mudah terserang pada manusia yang berkulit putih dengan rentan waktu seperempat jam.  Sedangkan bagi kulit kecoklatan atau hitam memiliki daya tahan kuat yakni sekitar 3 sampai 9 jam.

Gejala yang ditimbulkan adalah rasa perih dan kulit warna merah. Jika sudah sampai puncaknya, sekitar 6 jam kemudian, kulit akan menjadi sangat perih hingga menimbulkan pembengkakan kulit.

3. Dalam kondidsi paparan sinar matahari yang terlalu lama, hal ini juga menyebabkan peradangan kulit luar terjadi dimana bagian-bagian tubuh yang terbakar akibat sering terpapar sinar UV akan menjadi bersisik kasar. Hal ini dapat berkembang menjadi kanker kulit, jika sudah menyerang pada bagian sel squamous.

Demikianlah sahabat bacaan madani perintah menutup aurat bagi wanita dari atas kepala hingga kaki, bukanlah sekedar perintah saja atau menutup aurat saja. Melainkan banyak hikmah dan manfaat-manfaat yang Allah Swt. berikan kepada umat itu sendiri.
Sumber Majalah sahabat edisi 07 Juli 2015

No comments:

Post a Comment