Manfaat dan Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur


Wudhu secara bahasa berarti bersih dan indah. Secara syar’i wudhu adalah membersihkan anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadast kecil. Wudhu adalah amalan ringan, tapi pengaruhnya ajaib dan luar biasa. Selain menghapuskan dosa kecil, wudhu’ juga mengangkat derajat dan kedudukan seseorang dalam surga. Bahkan sangat bermanfaat untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Wudhu diwajibkan disaat mau menunaikan shalat, karena wudhu termasuk salah satu syarat syah shalat. Wudhu juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. sebelum tidur.

Pernah sahabat Nabi, yakni al Bara’ bin Azib RA menyampaikan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada dirinya.

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).

Melakukan wudhu' sebelum tidur termasuk kebiasaan Rasulullah SAW. sebagaimana hadits Beliau yang berbunyi,

"Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah bersuci dengan berwudhu sebelum tidur. Oleh karena pada suatu kesempatan Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaansuci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangunniscaya Malaikat itu akan berucap' Ya Allah ampunilah hambaMu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci , "(HR Ibnu Hibban dariIbnu Umar ra)

Kebiasaan wudhu' sebelum tidur akan memberikan pengaruh baik bagi orang yang melakukannya. Secara ilmu medis, wudhu sangat baik untuk kesehatan. Hasil penelitian  Dr. Musthafa Syahatah di Universitas Alexsandria, beliau adalah seorang dekan fakultas THT menegaskan bahwa orang yang melakukan wudhu sebelum tidur memiliki kuman lebih sedikit dari pada orang yang tidak melakukan wudhu. Adapun manfaat dan keutamaan berwudhu sebelum tidur adalah,

1. Merilekskan Otot Sebelum Tidur.
Ketika siang hari, pasti aktivitas yang anda lakukan sangat banyak. Untuk itu perlu dilakukan untuk merilekskan otot. Manfaat wudhu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk merilekskan otot yang kaku setelah seharian bekerja keras. Bahkan secara psikologis, seseorang yang telah melakukan wudlu akan nampak lebih rileks. Serta badan anda akan terasa segar kembali.

2. Mencerahkan Kulit Wajah.
Wudhu dapat mencerahkankulit wajah karena manfaat wudhu ini menghilangkan kotoran dalam kulit. Kotoran-kotoranyang menempel pada kulit wajah kita akan selalu hilang dan tentunya wajah kitamenjadi cerah dan bersih. Daripada sekedar membersihkan wajah, bukankahsebaiknya kita berwudhu sekalian?

3. Di doakan oleh Malaikat
Malaikat akan selalu berdoa memohon perlindungan kepada umat muslim yang selalu berwudhu sebelum tidur. Malaikat adalah makhluk yang selalu berzikir kepada Allah. Niscayadoanya akan selalu dikabulkan oleh Allah.

4. Bentuk dan Upaya Menstimulus Syaraf Pusat.
Menurut penelitian yang di lakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, beliau adalah psikiater sekaligus ahli di bidan neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling peka adalah pada bagian tangan, kaki serta sebelah dahi. Ketiga bagian ini bisa di katakan sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Sehingga ketika kita membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung kita membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.

5. Menyembuhkan Insomnia.
Ada orang kerap mengalami susah tidur atau insomnia. Insomnia memang banyak menyerang para remaja. Padahal menurut kesehatan, tidur terlalu malam, bahkan pagi atau  tidak tidur sekalipun mampu merusak organ anda secara otomatis. Maka kebiasaan insomnia memang sebaiknya di hilangkan. Dengan cara cukup mengambil air wudhu sebelum tidur.

6. Menghindari Penyakit kulit.
Anggota tubuh bagian tangan, muka, serta kaki adalah bagian yang paling efektiv untuk menyalurkan kuman serta kotoran. Sebab ketiga bagian tersebut yang paling banyak bersentuhan secara langsung dengan benda asing atau pathogen. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembersihan secara rutin termasuk menjelang tidur. Manfaatnya adalah untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit kulit.

Itulah sahabat bacaan madani manfaat dan keutamaan berwudhu sebelum tidur, mudah-mudahan kita bisa membiasakan wudhu sebelum tidur, agar tidur kita bukan hanya sekedar tidur, akan tetapi mempunyai nilai ibadah dan kesehatan. Aamiin.

Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment