Tuesday, July 26, 2016

Hikmah Sujud Syukur, Sujud Sahwi dan Sujud Tilawah


Sujud merupakan satu bentuk kepasrahan dan penghambaan diri kepada Allah SWT. Hanya kepada Allah SWT sajalah manusia itu boleh bersujud. Adapun kepada sesama manusia kita diperintahkan untuk saling menghormati saja. Sujud sudah sangat lazim dilakukan di dalam shalat, jika dihitung setiap satu rokaat dalam shalat fardu ada dua sujud. 

Dengan demikian jika dalam sehari semalam kita salat sebanyak 17 rokaat, maka dalam sehari semalam kita telah melakukan sujud sebanyak 34 kali. Yang akan dibahas dalam uraian di bawah ini adalah sujud-sujud yang dilakukan di luar rukun shalat, yang meliputi sujud sahwi, sujud, tilawah, dan sujud syukur. Adapun hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah sebagai berikut :

1. Hikmah Sujud Syukur.
Hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan sujud syukur ini adalah, sebagai hamba Allah Swt kita akan senantiasa mensyukuri nikmat Allah Swt. 

Dan apabila kita mensyukurinya maka Allah Swt akan menambah nikmat itu, sebagaimana Firman-Nya dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 7 : 

Artinya : “Dan (ingatlah juga ), tatkala Tuhanmu menyerukan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7) 

Kalau kita bisa menyelesaikan sesuatu, bisa mendapatkan nilai bagus, bisa menang dalam pertandingan dan sebagainya, semua itu tidak lepas dari pertolongan Allah SWT . 

2. Hikmah Sujud Sahwi.
Hikmah melakukan sujud sahwi di dalam shalat adalah, 

a. Kita menyadari bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Yang tidak pernah lupa hanyalah Allah Swt. Sehingga manusia tidak boleh sombong dan angkuh.

b. Selanjutnya, orang yang salah, khilaf dan lupa harus segera memohon ampun kepada Allah SWT.

c. Ketika kita lupa dalam shalat, kita segera melakukan sujud sahwi. 

Demikian juga dalam praktek kehidupan di luar shalat. 

Kalau kita berbuat salah maupun khilaf harus ssgera mungkin membaca istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT. 

Demikian halnya ketika kita bersalah dengan orang tua, guru maupun teman harus segera meminta maaf kepada mereka. 

3. Hikmah Sujud Tilawah.

a. Dijauhkan dari godaan syetan 
Hadits Rasulullah Saw : 

Artinya :“Apabila manusia membaca ayat sajdah kemudian ia sujud, menghindarlah syetan dan ia menangis seraya berkata, “Celaka ! Anak cucu Adam disuruh bersujud, lantas bersujud, bagi mereka adalah syurga. Dan saya disuruh sujud juga, tapi saya menolak, maka bagi saya neraka.” (HR. Muslim) 

b. Lebih menghayati bacaan dan makna Al Quran yang sedang dibaca 

c. Mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah. Semoga kita dapat mengambil hikamh dan pengetahuan yang bermanfaat serta bernilai ibadah agar kita semua dapat menghiasi hati kita dengan keindahan iman dan kemuliaan akhlak didunia sampai akhirat. Aamiin.

3 comments:

  1. Asslamu'alaikum wr.wb. maaf mohon bantuannya, bacaan apa saja pada waktu sujud tilawah/baca ayat sajjadah, apakah setiap surat yang ada ayat sajjadah bacaan waktu sujudnya sama, tks. wsslam

    ReplyDelete