3 Golongan Pertama yang Disidang di Hari Kiamat

Suatu saat kelak manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar setelah dibangkitkan dari alam barzakh. Manusia akan di sidang disana dan mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat sewaktu hidup di dunia. Peroses pertama di padang Mahsyar adalah Hisab, yaitu penghitungan amala ibadah manusia. Setelah selesai proses penghitungan amal ibadah, dilanjutkan dengan penimbangan amal ibadah manusia yang di sebut dengan Mizan.

Seluruh manusia akan disidang di Padang Mahsyar. Tentunya dari sekian banyak manusia akan ada yang di dahulukan Allah Swt. untuk di sidang dan di dahulukan juga di masukkan kedalam neraka. Orang atau kelompok yang disidang yang pertama adalah bukanlah dari golongan orang-orang kafir. Akan tetapi golongan yang pertama di sidang adalah dari golongan orang Islam. Lalu orang Islam seperti apakah yang di sidang pertama kali dan pertama kali juga dimasukkan kedalam neraka?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda :

"Sungguh manusia pertama yang disidang pada hari kiamat adalah seorang yang mati syahid, ia didatangkan, Allah Swt mengingatkannya pada nikmat yang Ia beri, ia pun tahu, ia berkata : 'Aku berperang karena-Mu hingga aku mati syahid'.

Allah Swt berfirman : 'Kau berdusta, tapi kau berperang supaya kau disebut pemberani dan memang seperti itu'. Setelah itu ia diperintahkan untuk diseret diatas wajahnya hingga di lemparkan ke neraka.

Selanjutnya seorang yang mempelajari dan mengajarkan ilmu dan membaca Al-Qur'an. Ia didatangkan, Allah Swt mengingatkannya pada nikmat yang Ia beri, iapun tahu, Allah bertanya : 'Apa yang telah kau amalkan dengan ilmumu ? : Ia menjawab : 'Aku mempelajari dan mengamalkan ilmu, aku membaca Al-Qur'an karena-Mu'. 

Allah Swt berfirman : 'Kau berdusta, tapi kau belajar supaya kau disebut orang yang berilmu, kau membaca Al-Qur'an agar disebut penghafal dan memang seperti itu.' Setelah itu ia diperintahkan untuk diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke Neraka.

Kemudian seseorang yang di beri keleluasaan oleh Allah Swt, Allah Swt memberinya berbagai jenis harta, mengingatkannya pada nikmat yang ia beri, ia pun tahu, Allah Swt bertanya : 'Apa yang telah kau amalkan dengan hartamu' ?, ia menjawab : 'Tidaklah aku biarkan suatu jalan pun yang Engkau sukai untuk di beri nafkah melainkan aku beri nafkah karena-Mu.'

Allah Swt berfirman : 'Kau berdusta, tapi kau melakukan hal itu agar dikatakan orang dermawan dan memang seperti itu'. Setelah itu ia diperintahkan untuk diseret diatas wajahnya hingga dilemparkan ke neraka". (HR.Muslim)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang orang-orang atau golongan yang pertama di sidang di Padang Mahsyar dan pertama kali juga di masukkan kedalam neraka. Mudah-mudahan kita tidak termasuk didalam golongan orang-orang tersebut. Aamiin.
Baca Juga :
1. Dahsyatnya Suara Api Neraka
2. Bidadari Surga Allah ciptakan dari Empat Unsur
3. Beginilah Gambaran Bentuk dan Besarnya Pintu Surga
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment