Hikmah dan Keutamaan Taubat Menurut Al-Qur’an

Kata taubat berasal dari bahasa Arab at-taubah, yang kata kerjanya taaba, yatuubu yang berarti rujuk atau kembali. Menurut istilah, pengertian taubat ialah  Kembali dari kemaksiatan kepada ketaatan atau kembali dari jalan yang jauh dari Allah Swt kepada jalan yang lebih dekat kepada Allah Swt. untuk Membersihkan hati dari segala dosa. serta meninggalkan keinginan untuk melakukan kejahatan, seperti yang pernah dilakukan dengan mengagungkan nama Allah Swt dan menjauhkan diri dari kemurkaan-Nya.

Dari pengertian taubat diatas dapat dipahami, bahwa taubat adalah kembalinya dari jalan yang tidak diridhai oleh Allah Swt. kepada jalan yang di ridhainya. Tentunya taubat ini memiliki hikmah, manfaat maupun keutamaan bagi orang-orang yang bertaubat. Lalu seperti apakah hikmah dan keutamaan taubat menurut Al-Qur’an?

1. Taubat Merupakan Jalan untuk Mendapatkan Ampunan dan Rahman dari Allah SWT.
Sebagai mana yang di jelaskan dalam firman-nya,

وَالَّذِينَ عَمِلُواْ السَّيِّئَاتِ ثُمَّ تَابُواْ مِن بَعْدِهَا وَآمَنُواْ إِنَّ رَبَّكَ مِن بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Dan orang- orang yang mengerjakan dosa- dosa kemudian bertobat sesudahnya dan beriman maka sesungguhnya tuhanmu benar- benar maha pengampun dan maha penyayang.” (QS. Al-Ar’af [7]:153)

2. Taubat Merupakan Termasuk Bentuk Ketaatan Kepada Kehendak Allah SWT.
Allah SWT berfirman,

وَاللّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الشَّهَوَاتِ أَن تَمِيلُواْ مَيْلاً عَظِيماً

“Dan Allah menghendaki untuk menerima tobat kalian.” (QS. An-Nisa’ [4]: 27). 


3. Taubat Merupakan Jalan untuk Di Terimanya Amal-amal seseorang dan Turunya Ampunan atas Kesalahan.
Allah Swt berfirman
وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ

“Dan barang siapa yang bertobat dan beramal shaleh, maka sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenar- benarnya.” (QS. Asy-Syura [24]:25)

Baca Juga : 
1. Pengertian Taubat dan Syarat Taubat Kepada Allah Swt

4. Taubat Merupakan Jalan untuk Masuk Surga dan Keselamatan dari Siksa Neraka.
Allah Swt berfirman,

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيّاً إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئاً

“Maka sesudah mereka (nabi- nabi) datanglah suatu generasi yang menyiakan-nyiakan shalat dan meperturutkan hawa nafsu, niscaya mereka itu akan di lemparkan ke dalam kebiasaan. Kecuali orang-orang yang bertobat di antara mereka, dan beriman serta beramal shaleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masukk ke dalam surge dan mereka tidak lah di aniaya barang sedikit pun.” (QS. Maryam [19]:59-60)

5. Taubat Merupakan Jalan untuk Meraih Kecintaan Allah Swt.
Allah Swt berfirman,
إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencitai orang-orang yang bertobat dan menyukainya orang- orang yang menyucikan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

6. Taubat Merupakan Jalan untuk Mengganti Berbagai Kejelekan dengan Kebaikan.
Allah swt berfirman:

وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَاماً يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَاناً إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحاً فَأُوْلَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً

“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain berserta Allah dan tidak. Membunuh jiwa yang di haramkan Allah  ( membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina : dan barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat ( pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan di lipat gandakan azab untuknya ada hari kiamat dan dia kan kekal dalam azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dala azab, itu dalam keadaan terhina, kecuali orang- orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal shaleh ; maka kejahatan dan adalah Allah maha pengampun lagi maha penyayag.” (QS. Al-Furqan [25]:68-70).

Nabi Muhammad SAW pun bersabda, “ seorang yang bertobat dari suatu dosa sebagaimana orang yang tidak berdosa.” (HR. Ibnu Majah)

7. Taubat Merupakan Jalan untuk Mendapatkan Doa dari Para Malaikat.
Allah SWT berfirman,

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْماً فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

“Para malaikat yang membawa arsy dan malaikat lain di sekelilingnya senatiasa bertasbih dengan memuji tuhan mereka, mereka beriman kepadanya dan memintakan ampun bagi orang orang yang beriman. Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu-Mu nahaluas meliputi segala sesuatu, ampunilah orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksa neraka.”(QS. Ghafir [40]: 7)

8. Taubat Merupakan Jalan untuk Menggaapi Keimanan dan Pahala yang Besar.
Allah SWT berfirman,

إِلاَّ الَّذِينَ تَابُواْ وَأَصْلَحُواْ وَاعْتَصَمُواْ بِاللّهِ وَأَخْلَصُواْ دِينَهُمْ لِلّهِ فَأُوْلَـئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِينَ وَسَوْفَ يُؤْتِ اللّهُ الْمُؤْمِنِينَ أَجْراً عَظِيماً

“Kecuali orang-orang yang bertobat, meperbaiki diri dan berpegang teguh pada agama Allah serta mengikhlaskan agama mereka untuk Allah, mereka itulah yang akan bersama dengan kaum beriman dan Allah akan memberikan kepada kaum yang beriman pahala yang amat besar.” (QS. An-Nisa’ [4]:146)

9. Taubat Merupakan Jalan untuk Mendapatkan Sebab Turunnya Barakah dari Atas Langit serta Bertambahnya Kekuatan.
Allah swt berfirman,

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُواْ رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُواْ إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلاَ تَتَوَلَّوْاْ مُجْرِمِينَ

“Wahai kaumku, minta ampunlah kepada tuhan kalian kemudian bertobatlah kepadanya niscayaakan di kirimkan kepada kalian awan dengan membawa air hujan yang lebah dan akan di berikan kekuatan tambahan kepada kalian, dan janganlah kalian berpalin menjadi orang yang berbuat dosa.”  (QS. Hud [11]:52)

10. Taubat Merupakan Jalan untuk Meraih Segala Macam Kebaikan.
Allah Swt berfirman,
فَإِن تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ

“Apabila kalian bertobat maka sesungguhnya hal itu baik bagi kalian.” (QS. At-Taubah : 3) 

Allah SWT juga berfirman .
فَإِن يَتُوبُواْ يَكُ خَيْراً لَّهُمْ

”Maka apabila mereka bertobat nicaya itu menjadi kebaikan bagi mereka.” (QS. At-Taubah [9]: 74)

11. Taubat Merupakan Jalan untuk Mendapatkan Keberuntungan.
Allah Swt berfirman,
وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertobatlah engakau semua kepada Allah, wahai sekalian orang mukmin, supaya engkau semua memperoleh kebahagiaan.” (QS. An –Nur [24]:31)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang manfaat dan keutamaan taubat kepada Allah Swt. mudah-mudahan Allah Swt. selalu membuka pintu taubat kepada kita serta menerima taubat kita. Aamiin.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment