Tuesday, May 23, 2017

Ketika Malaikat Mendoakan Orang yang Pelit dan Dermawan

Kikir. pelit atau bakhil adalah sifat seseorang yang amat tercela dan hina tidak mau mengeluarkan harta yang semestinya harus dikeluarkan atau kebaikan yang lain, baik untuk dirinya, untuk kepentingan agama maupun untuk orang lain dan masyarakat.

Sifat pelit muncul karena adanya anggapan bahwa kita berhak sepenuhnya atas harta yang kita dapatkan dari hasil jerih payah kita sendiri. Anggapan seperti itulah yang menyebabkan rasa berat hati untuk mengeluarkan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan pertolongan di sekitar kita terutama para fakir miskin. Sifat pelit atau kikir ini akan membawa dampak negatif bagi orang yang memilki sifat tersebut, bahkan bisa memutuskan hubungan silaturahmi. sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

“Hati-hatilah kamu terhadap sifat bakhil, karena bakhil telah merusak orang-orang sebelum kalian. Mereka memutuskan silaturahmi, berbuat bakhil dan berbuat maksiat, semuanya disebabkan oleh penyakit bakhil ini”( HR. Imam Ahmad)

Sedangkan pengertian dermawan adalah sifat terpuji dan mulia manusia yang memilki kemurahan hati dan suka berderma untuk orang yang membutuhkan.

Pelit atau kikir dan dermawan adalah dua sifat yang berlawanan. Kedua sifat ini akan ditemukan pada manusia yang berbeda. Akan tetapi orang pelit dan dermawan sama-sama di doakan malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

Dari Abu Hurairah Ra, ia berkata, “Rasulullah Saw bersabda:

“Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang kikir.’”(HR. Bukhari dan Muslim)

Sabda Rasulullah Saw juga,

Dari Abud Darda’ ra, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda:

“Tidaklah matahari terbit kecuali diutus di dua sisinya dua Malaikat yang berseru. Semua penduduk bumi mendengarkannya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata, ‘Wahai manusia menghadaplah kalian kepada Rabb kalian, karena yang sedikit dan cukup itu tentu lebih baik daripada yang banyak tetapi dipakai untuk foya-foya, dan tidaklah matahari terbenam kecuali diutus di antara dua sisinya dua Malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengarkannya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak dan hancurkanlah harta orang yang pelit.’” (HR. Ahmad (V/197), Ibnu Hibban (no. 686, 3329) dan al-Hakim (II/443)

Dari Abi Hurairah ra, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda:

“Sesungguhnya seorang Malaikat yang ada di sebuah pintu dari pintu-pintu langit, berkata: ‘Barangsiapa meminjamkan pada hari ini, maka akan dibalas pada hari nanti.’ Dan seorang Malaikat lagi yang berada pada pintu yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak dan percepatlah kehancuran harta orang yang pelit.’” (HR. Ahmad)

Sahabat bacaan madani yang di Rahmati Allah Swt. Dari beberapa hadits Rasulullah Saw di atas tadi sangat jelas ancaman dan peringatan Allah Swt bagi orang-orang yang pelit atau kikir. Begitu juga janji balasan Allah Swt bagi orang-orang yang dermawan.

Allah Swt juga menjanjikan siksa yang pedih di neraka bagi mereka orang-orang yang pelit. Sebagaimana Allah Swt berfirman:


وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ .يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas dan perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka, ‘inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (QS. At-Taubah 34-35)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang malaikat mendoakan orang pelit dan orang yang dermawan. Mudah-mudahan kita di jauhkan dari sifat pelit, kikir atau bakhil. Semoga kita menjadi orang yang dermawan. Aamiin.

No comments:

Post a Comment