Thursday, August 10, 2017

Fungsi dan Tanda-tanda Beriman Kepada Rasul Allah

Pengertian Rasul secara etimologi, Rasul berasal dari bahasa Arab yang artinya utusan. Rasulullah artinya utusan Allah. Sedangkan Rasul Allah menurut terminologi adalah manusia yang terpilih menjadi utusan Allah dan memilki kualitas keimanan, ketakwaan, serta kesalehan untuk memikul amanah Allah Swt.

Rasul Allah juga berperan sebagai utusan, wakil, pengganti, wali dan khalifah Allah Swt di muka bumi.

Selain memiliki fungsi dan kedudukan yang mulia, para Rasul juga dilengkapi dengan perilaku seperti yang dijelaskan Allah Swt, antara lain siddiq (benar), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan Fathanah (cerdas)

Fungsi beriman kepara Rasul Allah:

1. Akan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para Rasul adalah manusia biasa yang dipilih oleh Allah Swt untuk menyampaikan wahyu/ firman-Nya kepada umat manusia untuk dijadikan sebagai pedoman hidup.

2. Akan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para Rasul diutus oleh Allah Swt untuk menjadi teladan hidup bagi manusia.

3. Akan membenarkan apa yang dibawa oleh para Rasul dan menjadikan apa yang dibawa oleh Rasul sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

4. Akan meyakini bahwa Nabi muhammad Saw adalah Nabi dan Rasul yang terakhir.

5. Akan meyakini sepenuh hati bahwa Rasul Allah merupakan rahmat bagi alam semesta.


Tanda-tanda beriman Kepada Rasul-rasul Allah.

1. Melaksanakan perintah Allah Swt. Dimulai sejak bangun tidur sampai akan tidur lagi.

2. Selalu jujur, bertanggung jawab, kerja keras, percaya diri, dan santun.

3. Meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah kepada Allah Swt semakin kuat.

4. Berkomitmen melaksanakan rukun Islam dengan sempurna.

5. Membenarkan apa yang dibawa oleh para Rasul dan menjadikan apa yang dibawa oleh Rasul sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.


Demikianlah sahabat bacaan madani fungsi beriman kepada Rasul Allah serta tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah Swt. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang beriman kepada Allah Swt. Amiin.

No comments:

Post a Comment