Thursday, September 14, 2017

Pengertian Karomah, Ma’unah dan Irhas

Karomah
Karamah adalah kejadian luar biasa yang dianugerahkan oleh Allah Swt kepada hamba-hamba-Nya yang saleh dan taat kepadanya. Orang yang saleh dan taat kepada Allah Swt itu dinamakan wali Allah Swt.

Para wali tersebut bukan seorang rasul,akan tetapi sebagai manusia biasa, namun karena ketaatannya,mereka memperoleh gelar atau sebutan wali Allah Swt.

Dalil alquran yang menerangkan tentang karomah sesuai firman Allah Swt:

أَلآ إِنَّ أَوْلِيَآءَ اللهِ لاَخَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَهُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya :
“Ingatlah,wali-wali Allah itu,tidak ada rasa takut pada mereka,dan mereka tidak bersedih hati.” (QS.Yunus/10:62)

Oleh karena wali-wali Allah Swt itu begitu taatnya kepada Allah Swt sehingga wali itu sangat dekat sekali kepada Allah Swt demikian juga doanya dikabulkan oleh Allah Swt.

Para wali ini juga sangat aktif didalam mengembangkan ajaran agama Islam. Di dalam menyiarkan agama Islam ini,para wali juga sering mengalami kendala-kendala atau hambatan sebagaimana yang dialami oleh para rasul. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para wali Allah Swt ini dari musuh-musuhnya,maka Allah Swt memberi anugerah berupa karamah.

Para wali ini juga sangat aktif didalam mengembangkan ajaran agama Islam. Di dalam menyiarkan agama islam ini,para wali juga sering mengalami kendala-kendala atau hambatan sebagaimana yang dialami oleh para Rasul. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para wali Allah Swt ini dari musuh-musuhnya,maka Allah Swt memberi anugerah berupa karamah.

Salah satu karomah yang diberikan kepada wali Allah Swt adalah sunan kalijaga. Sunan Kalijaga (Raden Syahid) waktu membuat masjid Agung Demak Bintoro untuk tiang utamanya yang empat (soko guru) terdiri atas potongan-potongan kayu kecil yang kemudian ditumpuk-tumpuk tanpa menggunakan lem perekat akhirnya jadilah tiang masjid yang besar dan kokoh berkat karamahnya.

Ma’unah.
Ma’unah adalah kemampuan luar biasa yang diberikan Allah Swt kepada seorang mukmin untuk mengatasi suatu kesulitan.Maunah terjadi pada orang biasa berkat pertolongan Allah Swt. Misalnya seorang nenek yang terkurung dalam rumah yang terbakar. Nenek tersebut dapat membobol tembok yang kokoh dan selamat dari bahaya.Ini disebut ma’unah karena secara akal sehat tidak mungkin seorang nenek dapat membobol tembok yang kokoh.

Irhas.
Irhas Adalah kejadian luar biasa /istimewa yang terjadi pada diri seorang calon Rasul sebelum diangkat menjadi seorang Rasul contohnya: Nabi Isa As.,sebelum menjadi Nabi sudah memiliki tanda tanda kenabian. Ia dilahirkan tanpa ayah dan masih bayi sudah dapat berbicara dengan jelas dan tegas.

No comments:

Post a Comment